UPY Mewisuda 672 Lulusan S1 dan 23 Lulusan S2


SLEMAN (KMP) - Wisuda tak hanya menjadi tanda selesainya menjalani masa pendidikan tinggi. Wisuda juga mengandung makna melekatnya yakni tanggung jawab dengan gelar akademik yang dicapai sebagai pengakuan atas bidang keilmuan sesuai dengan program studinya masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan Rektor Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) Dr Ir Paiman MP dalam sambutannya saat prosesi wisuda bagi wisudawan/wisudawati program sarjana dan pascasarjana UPY di Grand Pasific, Sabtu (16/12/017). Paiman menuturkan, wisuda merupakan awal untuk mulai meniti kehidupan yang sebenarnya.

"Wisuda bukan akhir pembelajaran. Wisuda adalah awal pembelajaran yang baru. Harapan dan doa kami mudah-mudahan dengan bekal kesuksesan meraih gelar akademik ini menjadi modal yang sangat berharga untuk mencapai kesuksesan lagi dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan bidangnya masing-masing," tuturnya.

Kegiatan wisuda kali ini diikuti oleh 674 orang yang terdiri atas 23 orang lulusan program Magister Pendidikan (S2) dan 651 orang lulusan program strata satu (S1). Wisudawan Sarjana (S1) terdapat: 8 orang meraih predikat lulus, 28 orang meraih predikat memuaskan, 335 meraih predikat sangat memuaskan, dan 280 meraih predikat dengan pujian atau cumlaude. Wisudawan Pascasarjana (S2) terdapat: 2 orang meraih predikat memuaskan, 14 meraih predikat sangat memuaskan, dan 7 meraih predikat dengan pujian atau cumlaude.

Untuk program S1, wisudawan/wisudawati yang berhasil meraih prestasi tertinggi adalah Chairul Fatichah dari prodi PGSD dengan indeks prestasi 3,88. Lulusan tercepat diraih Nikmatun Mufidah dari prodi Pendidikan Matematika, lama studi 4 tahun. Lulusan termuda adalah Ayuning Tyas Asih dari prodi Bimbingan dan Konseling, lulus di usia 20 tahun. Lulusan tertua adalah Siti Suharti dari program studi PPKn dengan usia 48 tahun.

Untuk program S2 yang berhasil meraih prestasi tertinggi adalah Taufik Hidayat MPd dengan indeks prestasi 3,95. Lulusan tercepat adalah Mega Aries Santi MPd dengan lama studi 1 tahun 8 bulan. Lulusan termuda Resti Kamila MPd lahir usia 23 tahun.

Paiman pun menambahkan, rencana UPY ke depan pun akan terus diselaraskan dengan visi yang telah ditetapkan sebelumnya. Visi UPY adalah pada tahun 2030 menjadi perguruan tinggi unggul, menghasilkan lulusan yang bertaqwa, kompetitif, profesional, memiliki komitmen nasional, dan berwawasan global, yang sudah menjadi komitmen bersama.

"Tahapan pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran UPY saat ini akan memasuki tahapan ketiga yakni membangun brand image untuk mewujudkan keunggulan UPY pada tingkat ASEAN. Untuk mewujudkan keunggulan UPY pada skala ASEAN, maka semua unsur civitas akademika harus bahu membahu, bergerak bersama menuju kemajuan dan bisa bekerja bersama," paparnya.

Untuk dapat mewujudkan visi tersebut, Paiman mengungkapkan, pimpinan memiliki konsep pengukuran kinerja dengan mengadopsi empat perspektif strategi pengukuran kinerja (balance scorecard/BSC) yang dikembangkan oleh Kaplan dan ditambahkan satu perspektif yaitu perspektif lingkungan. Lima perspektif yang dimaksud yaitu, Perspektif Keuangan,  Perspektif Pengguna, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran Organisasi, serta Perspektif Lingkungan. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UPY Mewisuda 672 Lulusan S1 dan 23 Lulusan S2"

Posting Komentar