USD Anggap Karya Seni Patung Penting Bagi Pendidikan


SLEMAN (KMP) - Universitas Sanata Dharma (USD) dalam usianya yang ke-62 tahun menggelar pameran patung. Pameran tersebut diselenggarakan karena seni patung dianggap mampu menjadi media pembelajaran yang tidak langsung.

"Seni yang mewujud dalam patung terlalu penting untuk diabaikan dalam pendidikan. Melalui senilah yang akhirnya membuat perbedaan mencolok dalam mengantar generasi yang hanya cerdas dengan generasi yang sekaligus cerdas nan humanis. Lahirnya generasi muda yang cerdas dan humanis oleh kami demikian penting dan strategis di masa depan yang akan semakin diwarnai kehadiran teknologi yang memiliki kecerdasan buatan," ujar Rektor USD Johanes Eka Priyatma MSc PhD, Sabtu (16/12/2017).

Dalam pembukaan pameran patung di Perpustakaan USD, Eka menuturkan, pameran patung tersebut juga menjadi wujud mimpi USD untuk menghadirkan ruh kemanusiaan kaum muda yang merdeka, imajinatif, eksploratif, serta antusiastik dalam 'ruang' pembelajaran yang dinamis nan kaya. Kehadiran karya seni patung dalam ruang fisik dan mental mahasiswa merupakan perwujudan atas keyakinan kuat USD, pendidikan holistik hanya mungkin terwujud lewat integrasi dan kolaborasi cara bertindak ilmiah ilmuwan dengan kerja kreatif-imajinatif seniman.

"Tanggung jawab kami menyiapkan generasi mendatang untuk punya tiga unsur yakni kompetensi, nurani dan kesadaran adalah tidak mudah. Bahkan ada yang berpendapat pendidikan harus diselenggarakan tidak langsung. Pendidikan karakter pun semakin tidak langsung semakin baik. Patung inilah yang menjadi alat tidak langsung kami untuk menyentil atau menggugah mahasiswa," paparnya.

Eka menambahkan, relasi peradaban masa depan akan sangat diwarnai oleh bentuk-bentuk relasi terstruktur, dan prediktif. Kalau tidak hati-hati, relasi semacam itu dapat mengancam kemanusiaan masyarakat karena peradaban akan mempersempit ruang wacana bagi keunikan, harga diri, serta bela rasa kepada mereka yang berbeda.

"Kami sangat berharap kehadiran karya seni patung di lingkungan USD ini memacu kesadaran dan imajinasi muda, baik fisik dan mental kita semua, sehingga realitas hidup dapat diperkaya dan berefleksi menemukan makna terdalam menjadi penggerak mengabdi bagi terwujudnya masyarakat yang semakin bermartabat," tuturnya.

Ketua Panitia Pameran Patung USD Ouda Teda Ena mengatakan, penyelenggaraan pameran patung tersebut tidak begitu saja terjadi. Karena seni juga menjadi bidang yang berkembang di kalangan USD sudah sejak lama. Ia pun berharap akan makin banyak dan sering kegiatan-kegiatan seni di kampus USD.

"Patung-patung yang dipajang di area kampus I dan kampus II USD ini mayoritas memang meminjam dari para pematung profesional. Meski memang sudah pernah dipamerkan sebelumnya, patung-patung ini masih sangat layak untuk dinikmati sebagai sebuah karya seni tinggi," imbuhnya. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "USD Anggap Karya Seni Patung Penting Bagi Pendidikan"

Posting Komentar