USD Komitmen Terus Tingkatkan Martabat Kemanusiaan


SLEMAN (KMP) - Memaknai usia yang ke-62, Universitas Sanata Dharma (USD) ingin terus mempertahankan komitmennya dalam upaya meningkatkan martabat kemanusiaan. Komitmen tersebut bahkan telah masuk dalam visi misi USD sebagai universitas jesuit.

"Sudah selayaknya kita bersama-sama menghidupi visi dengan menggali kebenaran untuk tujuan meningkatkan martabat kemanusiaan. Meski tentunya tantangan yang dihadapi semakin berat dan besar. Namun hal itu jelas tidak boleh melunturkan semangat kita," ujar Rektor USD Johanes Eka Priyatma PhD, Kamis (14/12/2017).

Dalam sambutannya pada Seminar Ilmiah Dosen 'Tantangan Peradaban dan Peran Universitas' dalam rangka DIes Natalis ke-62 USD di kampus 3 USD, Eka pun menuturkan, meski ikut menghadapi berbagai tantangan, USD melalui seminar-seminar ilmiahnya, tidak pada posisi wajib menyelesaikan beragam tantangan tersebut. Namun baginya, apapun yang dilakukan USD merupakan usaha bersama guna meningkatkan wawasan dan meracik kesadaran agar mampu sebisa mungkin memilih tantang yang paling relevan untuk ditanggapi.

"Kita tentu bekerja untuk Indonesia, dengan menghidupi kegiatan tri dharma kita agar ada peran kita dalam menyelesaikan tantangan yang ada. Karena pada dasarnya, kesibukan keseharian kita juga terhubung dengan tantangan tersebut dan punya hubungan dengan misi mengingkatkan martabat kemanusiaan," imbuhnya.

Bagi USD, Eka mengungkapkan, permasalahan utama yang menjadi sorotan ada pada isu kemiskinan, lingkungan hidup, dialog antar iman dan radikalisme. Karena itu ia berharap dalam menjalankan tri dharma, sivitas akademika USD bisa menyinggung empat persoalan tersebut.

Sementara itu, Dosen Pascasarjana USD Paulus Sarwoto MA PhD mengatakan, dalam menghadapi tantangan bangsa, USD bisa berperan dalam mencari makna kebenaran. Sebagai lembaga pendidikan, USD jelas terlibat dalam siklus pengembangan karir dan keilmuan. Mulai dari rencana kinerja, dukungan, evaluasi, hingga promosi.

"Universitas mampu berperan membangkitkan pemikiran rasional agar tantangan yang ada justru menjadi dukungan bagi bangsa kita," imbuhnya. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "USD Komitmen Terus Tingkatkan Martabat Kemanusiaan"

Posting Komentar