Jl Suryatmajan Dibuat 2 Arah, Begini Skemanya!!


YOGYA (KMP) – Perubahan arah muka Kantor Gubernur DIY dari semula ke barat menjadi ke selatan berdampak lalu lintas di Jl Suryatmajan, Ngupasan, mulai besok, Rabu (10/1/2018), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogya bersama Kepolisian mulai menguji coba sistem baru di jalan tersebut.

Jika awalnya Jl Suryatmajan bisa dilalui satu arah dari barat ke timur, mulai hari ini jalan itu dibah menjadi dua arah. Hanya saja, kendaraan dari arah timur atau dari simpang empat Hotel Melia Purosani dibatasi hanya sampai pintu masuk kepatihan.

“Uji coba sekaligus sosialisasi dimulai Rabu pagi jam 06.30 WIB. Jadi nanti di Jl Suryatmajan tidak lagi berlaku satu arah, tapi dua arah,” ucap Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Yogya, Golkari Made Yulianto, dalam jumpa media di Kantor Diskominfo dan Persandian Kota Yogya, Selasa (9/1/2018).

Menurut Golkari, manajemen lalu lintas baru yang diterapkan untuk Jl Suryatmajan berdampak pada perubahan arus di Ketandan Lor dan Ketandan Wetan. Jika semula arus kendaraan di Ketandan Lor berasal dari arah selatan ke utara, maka dalam manajemen baru dibalik dari utara ke selatan. Sedangkan di Ketandan Wetan arus kendaraan dari arah Selatan menuju ke Utara.

Lokasi parkir di Jl Suryatmajan juga ikut berubah. Jika semula parkir berada di utara jalan, maka dengan pengaturan baru parkir itu dihilangkan. Lokasi parkir berada di sisi timur pintu keluar Kompleks Kepatihan, Jl Suryatmajan sisi barat juga masih bisa digunakan parkir dengan kemiringan 0 derajat. “Ketandan Lor dan Wetan mulai Rabu besok sudah harus bebas dari parkir,” terangnya.

Iptu Marija, Kanit Dikyasa Satlantas Polresta Yogyakarta menambahkan, pintu belakang Kepatihan juga bisa dibuka saat masuk dan pulang kerja. Namun khusus saat pulang kerja, kendaraan yang keluar dari pintu tersebut diarahkan ke utara. “Tidak boleh cross ke selatan,” katanya.

Selain itu, kendaraan yang melaju dari arah Jl Mataram tidak diperbolehkan berbelok ke barat setelah lampu merah simpang empat Melia. “Ini berkaitan dengan kepadatan lalu lintas di Jl Suryotomo. Kali kalau dari Jl Mataram bisa masuk kepatihan dari pintu belakang,” tambahnya. KMP2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jl Suryatmajan Dibuat 2 Arah, Begini Skemanya!!"

Posting Komentar