Anggota Kodim Yogya Jalani Latihan UTP


YOGYA (KMP) - Kodim 0734/Yogyakarta, menyelenggarakan latihan Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum selama tiga hari mulai 13-15 Maret 2018 di kompleks Makodim Jl AM Sangaji. UTP yang diikuti prajurit Tamtama dan Bintara bertujuan menguji tingkat ketrampilan perorangan sesuai dengan kepangkatan.

“Latihan ini merupakan tahap untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada setiap waktu dan kesempatan. Diharapkan hasil yang dicapai dalam latihan tersebut dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari,” ucap Pasiops Kodim 0734/Yogyakarta, Lettu Kav Yohanes, Selasa (13/2/2018).

Materi dalam latihan adalah bersifat Pengetahuan Aparat Teritorial, yakni 5 Kemampuan Teritorial, Intelijen Teritorial, Pembinaan Perlawanan Wilayah, Pembinaan Komunikasi Sosial, Ketatalaksanaan Pembinaan Teritorial, Sisrendal Binter, Bakti TNI, Sikap Teritorial dan lain-lain.


Sebelum dilaksanakan UTP Umum terlebih dahulu para personel mengikuti Latorsar (latihan perorangan dasar). Latorsar diisi materi yang bersifat keterampilan militer perorangan, seperti Teknik Tempur Dasar, Navigasi Darat, Pertolongan Pertama di Lapangan, Pengetahuan Senjata Ringan, 5 Kemampuan Teritorial, Binwanwil, Binkomsos , Ketatalaksanaan Binter dan lain – lain.

Tingkat kecakapan yang di ujikan meliputi kacakapan dua sampai dengan tujuh, materinya disesuaikan dengan tingkat ketrampilan masing-masing anggota antara lain sikap teritorial, lima kemampuan teritorial, Nik Sar Pur, Spesialisasi Intel Teritorial, Spesialisasi Ketatalaksanaan Binter, Spesialisasi Sistem Perencanaan dan Pengendalian Binter dan Spesialisasi Bintahwil serta Spesialisasi Bin Wanra.


Komandan Kodim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah menjelaskan, UTP merupakan program latihan yang dilaksanakan setiap tahun, namun bukan berarti latihan hanya bersifat seremonial. Akan tetapi, UTP Umum merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latorsar.

Hasil yang dicapai, ucap Dandim, dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan latihan kelompok yang harus dilaksanakan pada tahap latihan berikutnya sesuai kalender latihan satuan.

Dandim menjelaskan, pembinaan teritorial sebagai salah satu fungsi utama TNI AD yang sejajar dengan fungsi pertempuran.“Maka di butuhkan adanya kompetensi dari segenap personel yang bertugas di jajaran Satkowil khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di lapangan,” kata Dandim. KMP2/*
.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anggota Kodim Yogya Jalani Latihan UTP"

Posting Komentar