Begini Pesta Demokrasi ala Warga RT 30 Kelurahan Patehan


SEBANYAK 45 kepala keluarga (KK)  dari 60 KK yang diundang ikut ambil bagian dalam proses pemilihan ketua RT 30 RW 08 Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton untuk masa bhakti 2018-2021. Melalui sistem voting Winarno terpilih menjadi ketua menyisihkan 10 kandidat lainnya.

Pria yang sehari hari bekerja di Taman Pintar Yogyakarta itu mendapatkan 13 suara mengungguli  kandidat incumbent Wahyudin yang mendapat 12 suara atau hanya selisih satu suara.

Suasana pemilihan ketua dan pengurus RT 30 berjalan cukup demokratis dan lancar meski diwarnai hujan interupsi, protes, usul dan saran dari warga yang mempunyai hak suara. Protes mereka pun tidak jauh dari persoalan tata tertib dan mekanisme pemberian suara. Hujan protes dan debat kusir terjadi, suasana kekeluargaan sangat terasa lantaran hujan protes dibugkusi dengan “joke” (gurauan) segar.

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan dan pengesahan daftar hadir peserta pemilih oleh ketua panitia pemilihan ketua dan pengurus RT 30, Harjoko Sugiyantoro, dilanjut pembacaan Tatib.

Ketua RT 30 membacakan laporan singkat pertanggungjawaban keuangan dan adminsistrasi selama tiga tahun masa jabatannya. Setelah itu dilakukan pemilihan tahap pertama yakni penjaringan kandidat yang hasilnya terdapat 10 kandidat, satu di antaranya petahana.

Kesepuluh kandidat diberi waktu 2 menit untuk menyampaikan visi dan misi. Namun yang terjadi hanyalah pidato tentang kekurangan dirinya masing masing, dengan harapan warga tidak memilih dirinya.  Ada yang beralasan terlalu sibuk dengan pekerjaannya sekarang ini. Ada yang berdalih sudah sibuk dengan pekerjaan yang lebih besar menyangkut hajat hidup orang banyak dan keluarga.

Ada pula yang beralasan sudah terlalu tua dan masih banyak lainnya. Pengumbaran kelemahan masing-masing kandidat menjadi bahan candaan warga lain dan menjadikan ruangan penuh gelak tawa dan cair.

Setelah pemaparan visi dan misi  calon ketua RT, proses pemilihan berlanjut ke tahap kedua yakni memilih ketua definitif dengan melakukan voting.  Akhirnya Winarno mengumpulkan suara terbanyak menyingkirkan 9 kandidat lainnya. Winarno akan menjalankan tugasnya selama tiga tahun terhitung mulai tahun 2018 hingga 2021.

Dalam sambutan singkatnya ketua RT 30 terpilih Winarno meminta dukungan warga masyarakat dalam mengemban tugas sebagai kepala pelayan masyarakat di wilayahnya. “Saya tahu jabatan  sebagai Ketua RT itu berat dan selalu dihindari oleh banyak orang. Maka saya mohon dukunga semuanya,” pinta Winarno.

Warga RT 30/RW 08 bersepakat akan mendungkung penuh apa yang menjadi program kerja Ketua RT terpilih, demi terwujudnya masyarakat yang aman, nyaman dan sejahtera di wilayah mereka. KMP2/*



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Pesta Demokrasi ala Warga RT 30 Kelurahan Patehan"

Posting Komentar