Jadi Pendidik Generasi, Guru Dituntut Profesional



BANTUL (KMP) - Sebagai pendidik para generasi masa depan bangsa, guru wajib menjadi tenaga profesional. Harapannya, generasi bangsa bisa ke depan bisa menjadi generasi yang cerdas, bermoral dan berkemajuan.

Hal itu disampaikan oleh Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa UMY Dr Suryanto, Rabu (07/02/2018) di kampus setempat. Dalam sambutannya pada acara pembukaan Orientasi Program Profesi Guru Bahasa Inggris, Suryanto menuturkan, berbagai upaya perlu dilakukan guna meningkatkan profesionalitas para guru Indonesia.

“Untuk meningkatkan mutu guru dan pendidikan di Indonesia, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pun menyelenggarakan Program Profesi Guru (PPG) Bahasa Inggris. Dan UMY ditunjuk menjadi tuan rumahnya. Melalui PPG Bahasa Inggris ini, kami berharap bisa membantu mencetak para guru profesional,” ujarnya.

Suryanto menuturkan, pembentukan PPG Bahasa Inggris tersebut bertujuan untuk melatih para guru agar memiliki kompetensi, tanggung jawab sosial, dan berkepribadian seperti seharusnya seorang tenaga pendidik. Program tersebut juga diharapkan akan menghasilkan lulusan yang unggul dan siap menghadapi tuntutan zaman.

Tidak semua pendaftar dapat mengikuti PPG Bahasa Inggris ini. Sebab pihak Kemenristekdikti sendiri yang memilih dan menentukan siapa saja yang lolos untuk mengikuti PPG Bahasa Inggris. Kami sendiri percaya para calon guru yang telah terpilih memiliki kualitas yang dianggap layak,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Bahasa Inggris UMY Sri Rejeki Murtiningsih PhD mengatakan, PPG tersebut akan dilakukan selama dua semester. Pelaksanaan semester pertama akan dilakukan di kampus dan satu semester berikutnya akan dilaksanakan di sekolah mitra.

Program yang kami buat ini, selain disesuaikan dengan program Kemenristekdikti, juga kami selipkan program khas dari UMY. Kami pun telah siap dengan bekerja sama beberapa sekolah mitra UMY. Para calon guru yang telah mengikuti PPG Bahasa Inggris tersebut nantinya juga akan ditempatkan di sekolah-sekolah yang memang sangat membutuhkan tenaga mereka,” jelasnya.

Orientasi PPG Bahasa Inggris di UMY kali ini akan berlangsung hingga Jum'at (9/2), dengan diikuti oleh 18 calon guru dari 21 guru yang telah terseleksi oleh Kemenristekdikti. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jadi Pendidik Generasi, Guru Dituntut Profesional"

Posting Komentar