Kodim Yogya Tingkatkan Kemampuan Komsos Anggota


YOGYA (KMP) - Kemampuan Babinsa saat ini sangat menentukan keberhasilan pembinaan Teritorial. Dalam melaksanakan tugasnya Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di Desa atau Kelurahan. Untuk mendukung hal tersebut, Babinsa perlu dibekali dan ditingkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

Mengingat pentingnya kemampuan komunikasi sosial yang harus dimiliki Babinsa, Kodim 0734/Yogyakarta menggelar kegiatan peningkatan kemampuan komunikasi sosial kepada prajurit TNI AD. Kegiatan yang digelar di aula Kodim Yogya diikuti 95 Babinsa dan para Danramil.

Kegiatan ini yang mengangkat tema “Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Komsos Kita Wujudkan Prajurit Yang Profesional Dalam Rangka Pelaksanaan Tugas Pembinaan Teritorial,” tersebut dipimpin Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah yang diwakili Kasdim Mayor Inf M Munasik.

Dandim mentakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para Babinsa jajaran Kodim Yogya dalam berkomunikasi sosial dengan segenap komponen bangsa, sehingga nantinya para Babinsa akan memiliki kemampuan untuk memberikan pemahaman tentang tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di darat guna mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Untuk itu, lanjut Dandim, kemampuan Komsos merupakan rohnya Binter (pembinanan teritorial) yang mutlak harus dimiliki setiap prajurit dalam rangka mengambil hati masyarakat binaannya. 

Keberhasilan Binter sangat bergantung pada keberhasilan dalam melaksanakan komunikasi sosial.
Dandim juga mengharapkan para Babinsa mengerti dan paham tentang kebijakan-kebijakan bidang teritorial, sehingga dapat mengaplikasikan secara benar dalam berkominukasi dengan semua komponen bangsa yang berada di wilayah tanggung jawabnya.

Danramil 11/Kraton Mayor Inf Saidi sebagai pemberi materi pertama menyampaikan materi pokok kebijakan Pimpinan TNI AD di bidang teritorial. Menurutnya, dalam mengantisipasi perkembangan global, perlu meningkatkan cegah dini, deteksi dini, lapor cepat dan juga meningkatkan 5 kemampuan teritorial. KMP2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kodim Yogya Tingkatkan Kemampuan Komsos Anggota"

Posting Komentar