Napak Tilas Situs Sejarah Pangsar Soedirman dengan Berontel Ria


YOGYA (KMP) - Sebanyak 120 peserta Rakernis Sejarah TNI AD 2018  mengunjungi Situs Sejarah Ruang Perawatan Jenderal Soedirman di RS Panti Rapih, Kamis (22/3/2018). Mereka datang dengan naik sepeda ontel pada pagi hari. Kunjungan ini dalam rangka napak tilas Situs Sejarah Jenderal Soedirman.

Panti Rapih diresmikan pada 14 September 1929, merupakan rumah sakit yang turut terlibat dalam upaya perjuangan kemerdekaan RI. Direktur Utama RS Panti Rapih, dr Teddy Janong MKes dalam sambutannya menyampaikan sejarah dirawatnya Jenderal Soedirman.

Pangsar Soedirman dirawat di Panti Rapih selama dua kali, yaitu  pada 1948 dan tahun  1949. “Saat itu Pak Dirman dirawat di Ruang Maria Kamar 8. Merupakan ruang perawatan President Suite Room,  dirawat oleh beberapa dokter tentara,” tutur dr Teddy.

Selesai dirawat, Pak Dirman sempat menuliskan pesan kepada seluruh warga rumah sakit tersebut, khususnya untuk salah satu perawat, “Marie”. Pada 11  November 1948, sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada suster yang merawatnya, Pak Dirman menghadiahkan sebuah sajak yang dibuatnya sendiri pada perayaan pesta perak membiara Sr Benvenuto, CB, berjudul “Rumah Nan Bahagia”.

Kepala Dinas Sejarah TNI AD Brigjen TNI Djashar Djamil SE, MM yang memimpin rombongan mengucapan terima kasih kepada pihak RS Panti Rapih karena sudah memberikan kesempatan bagi rombongan TNI AD dalam kunjungan napak tilas Jenderal Soedirman. Melalui kegiatan ini diharapkan prajurit TNI sebagai penerus perjuangan bangsa tidak melupakan jasa-jasa para pendahulunya, khususnya  Jenderal Soedirman .

Selain mengunjungi ruang perawatan Pak Dirman, peserta Rakernis Sejarah TNI AD juga menyaksikan patung Jenderal Soedirman di rumah sakit itu. KMP2/*


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Napak Tilas Situs Sejarah Pangsar Soedirman dengan Berontel Ria"

Posting Komentar