Reresik Pasar untuk Jaga Kebersihan Pasar Tradisional


YOGYA (KMP) - Ratusan pedagang Pasar Beringharjo pagi ini, Kamis (22/2/2018) berkumpul di jalan penghubung pasar Beringharjo, pukul 06.00 WIB tepat mereka telah berkumpul dengan peralatan kebersihan masing-masing yang mereka bawa dari rumah. Tak hanya berkumpul, mereka dengan semangat membersihkan seluruh bagian dari pasar.

Kegiatan bersih bersih pasar yang selalu di lakukan setiap Kamis Pon ini adalah kegiatan yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya. “Jadi setiap Kamis Pon pedagang di seluruh pasar tradisional yang ada di Kota Yogya melakukan bersih bersih pasar,” kata ketua paguyuban Pasar Kota Yogyakarta, Budi Kusumo.

Selain diikuti oleh seluruh semua pedagang di pasar, kegiatan ini juga diikuti oleh pengemudi becak hingga juru parkir, tak sampai disitu, bahkan seluruh pegawai dari PD BPR Bank Jogja juga ikut melakukan kegiatan bersih pasar ini.

“Kali ini para pedagang fokus membersihakan lowo-lowo (kotoran) yang terdapat di atap pasar,” katanya. Menurut Budi dengan kegiatan ini juga dapat membangun kesadaran masyarakat. Bahwa menjaga kebersihan juga berguna dalam berbagai hal. Terutama dalam mengais rezeki di pasar Beringharjo.

“Saat pasar bersih, suasana pun menjadi lebih nyaman. Hal ini berimbas pada jumlah kunjungan di Pasar Beringharjo,” tandasnya.

Selain itu, lanjutnya,  kegiatan ini juga untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar ikon Kota Yogya ini terus dijaga. Sehingga saat para pedagang mampu menjaga kebersihan pasar juga bisa menular kepada pengunjung yang datang.

”Pasar Beringharjo sudah menjadi ikon dari Kota Yogya. Sehingga penting bagi kita untuk terus menjaga kebersihannya. Saat pengunjung memandang positif pasti berdampak juga pada Kota Yogya secara keseluruhan,” harapnya. KMP2/*


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Reresik Pasar untuk Jaga Kebersihan Pasar Tradisional"

Posting Komentar