Teguhkan Integritas, Advokat Alumni UII Gelar Silatnas


YOGYA (KMP) – Profesi advokat tengah menjadi sorotan. Ulah segelintir oknum advokat yang mengabaikan aspek integritas menimbulkan pandangan sinis masyarakat terhadap profesi ini. padahal advokat memiliki peranan yang sama dalam penegakan hukum.

Atas dasar ini pula, advokat alumni Universitas Islam indonesia (UII) Yogyakarta menggelar silaturahmi nasional (Silatnas) dan deklarasi Forum Advokat Alumni UII yang akan dilaksanakan pada, Sabtu (10/2/2018) di Hotel Sahid Rich.

Dr Budi Agus Riswandi SH M.Hum selaku ketua panitia mengungkapkan, kegiatan digelar atas dasar dua alasan. Yakni kompleksitas penegakan hukum di Indonesia serta pengakuan profesi advokat. Terkait penegakan hukum, kata dia, masyarakat memiliki sedikit persepsi kurang baik terhadap profesi advokat.

“Persepsi kurang baik itu muncul akibat adanya ulah beberapa oknum advokat yang kurang komit terhadap profesi advokat,” ucap Budi dalam jumpa pers di LKBH UII Jl Lawu, Kotabaru, Senin (5/2/2018).

Selain itu, kata Budi, mengingat saat ini advokat berada pada situasi globalisasi, kondisi itu memberi tantangan tersendiri bagi advokat. Di mana, seorang advokat dituntut mahir tdak hanya dalam proses litigasi, tetapi juga memiliki komitmen dan integritas dalam mendukung profesionalisme sebagai advokat.

Ia menjelaskan, silatnas dan deklarasi forum advokat alumni UII menjadi gerakan moral inklusif agar advokat memiliki integritas. Karenanyaa, kegiatan juga akan diisi serangkaian orasi dari sejumlah tokoh Alumni UII. Seperti Prof Dr Mahfud MD, Dr Artidjo Alkostar SH LLM, Dr Maqdir Ismail, hingga Dr Abdul Haris Semendawai.

Nur Ismanto SH MH, perwakilan advokat alumni UII mengatakan, gerakan moral yang dibangun melalui deklarasi forum advokat alumni UII merupakan kesempatan bagi advokat alumni untuk saling mengingatkan tentaang integritas moral yang tengah menjadi sorotan.

Ia mengatakan, gerakan moral tidak akan berhenti sebatas deklarasi melainkan akan terus berlanjut. Forum juga bersifat terbuka terhadap seluruh organisasi advokat yang diikuti alumni. “Kegiatan nanti untuk meneguhkan integritas. Tidak semata-mata di internal profesi advokat, tapi juga menjadi optimalisasi peran advokat daalam pembangunan nasional,” katanya.

Sementara Dekan Fakultas Hukum UII Dr Aunur Rohim Faqih SH M.Hum mengatakan, pimpinan fakultas menyambut baik kegiatan tersebut. terlebih kegiatan itu bisa mewujudkan bagaimana profil lulusan UII. “Kami menyambut baik gagasan yang muncul dari advokat alumni untuk silaturahmi dalam rangka memperkuat integritas dan profesionalitas dalam penegakan hukum di Indonesia,” tambahnya. KMP2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teguhkan Integritas, Advokat Alumni UII Gelar Silatnas"

Posting Komentar