UNY Tingkatkan Karya Inovasi Segala Bidang


SLEMAN (KMP) - Perubahan abad ke-21 melahirkan banyak perubahan di dunia yang saling berkaitan. Salah satunya ialah munculnya paradigma ekonomi dunia yang mencetus paradigma ekonomi baru yakni knowledge based economy.

"Perubahan dunia, khususnya globalisasi dan perkembangan sains serta teknologi pun ikut berubah. Sebelumnya pengembangan inovasi dan kreativitas sains teknologi hanya sebagai penopang, kini justru jadi dasar pengembangan. Karenanya, UNY terus memacu berbagai karya inovasi di segala bidang," ujar Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd, Sabtu (24/02/2018).

Dalam acara wisuda UNY periode I tahun 2018, Sutrisna menuturkan, tahun ini UNY mencanangkan sebagai tahun kebangkitan inovasi. Hal ini ditandai dengan berbagai indikator kunci, seperti pembaharuan visi UNY dengan memasukkan visi unggul, kreatif dan inovatif. Prioritas penelitian untuk menghasilkan karya inovasi juga dilakukan melalui berbagai skema penelitian.

"Kami juga menghasilkan berbagai inovasi pembelajaran, karta teknologi, serta melakukan dukungan fasilitas berupa digital library yang akan menjadi pusat pencarian referensi hasil-hasil penelitian dan inovasi tingkat internasional. Kami pun sekaligus melakukan pembaharuan laboratorium pusat penelitian," paparnya.

Terkait munculnya era disruption inovation, Sutrisna mengatakan, hal tersebut dikarenakan inovasi baru di bidang teknologi informasi yang tumbuh sangat pesat. Kehadirannya yang tak terlihat, bahkan tak disadari menimbulkan rasa terganggu bagi 'pihak' yang merasa telah mapan. Namun seiring perkembangan teknologi, era ini pun akan terus meluas dan masuk ke berbagai sektor kehidupan masyarakat.

"Era disruption bukan sekedar fenomena hari ini, melainkan fenomena hari esok. Karenanya kita semua harus siap berkompetisi memasuki era ini. Dan untuk menghadapinya, kalian para lulusan harus siap dengan segala persoalan yang dihadapi oleh umat manusia. Caranya, harus didekati, dianalisis dan diselesaikan dari berbagai perspektif keilmuan," imbuhnya.

Semebtara itu, wisuda UNY kali ini diikuti 966 orang dengan rincian, 7 orang lulus S3, 157 orang lulusan program Magister, 770 orang S1 dan 32 orang dari program Diploma. Wisudawan yang meraih predikat cum laude sebanyak 237 orang atau 24,53% dari total wisudawan kali ini. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UNY Tingkatkan Karya Inovasi Segala Bidang"

Posting Komentar