Berantas Hoaks Tanggung Jawab Sosial Semua Pihak




SLEMAN (KMP) - Persoalan penyebaran hoaks sudah menjadi pergulatan kehidupan bangsa Indonesia sejak 3 tahun terakhir. Untuk itu, Universitas Sanata Dharma (USD) menyadari hal mendasar dalam mengatasi persoalan hoaks adalah kesadaran dan tanggung-jawab sosial semua pihak.

Hal ini diungkapkan Rektor USD Johanes Eka Priyatma PhD dalam Wisuda Sarjana dan Magister Periode II TA 2017/2018, Sabtu (24/03) di Auditorium USD. Diungkapkan Eka, USD sendiri dikejutkan oleh kabar tentang salah satu alumni USD yang terlibat dalam kegiatan penyebaran berita bohong alias hoaks.

Kenyataan tersebut tentu saja kami sesali dan mengusik kami untuk melihat kembali efektifitas kegiatan pendampingan dan pengembangan karakter yang selama ini kami selenggarakan. Berita ini tentu berat kami terima karean USD juga tengah secara serempak bergulat untuk memahamkan dan mengaktualisasikan salah satu nilai dasar USD pada mahasiswa baru yakni mencintai kebenaran,” ujarnya.

Eka pun mengatakan, dalam konteks sosial politik dewasa ini, hoaks bahkan menjadi komoditas yang penyebarannya dapat menjadi salah satu strategi dalam pertukaran wacana memperebutkan pengaruh dan pengikut. Meskipun Pemerintah telah berusaha keras mengatasi masalah ini tetapi masih banyak cara lain yang bisa ditempuh dalam penyebaran hoaks.

Eskalasi hoaks memang dipicu oleh kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam era demokrasi modern yang kita anut sekarang ini, hoaks bahkan menemukan posisi, relevansi, dan bahkan nilai ekonomisnya. Tentu mengatasinya tidak mudah bagi kami sendiri ketika masalah ini dikaitkan dengan kiprah alumni,” paparnya.

Menurut Eka, pihaknya dalam taraf tertentu tidak mungkin lagi mempunyai kapasitas legalitas, dan kemampuan dalam menentukan apa yang sebaiknya dilakukan alumni di tengah masyarakat. Namun apa yang terjadi makin menyadarkan USD betapa besamya tantangan pendidikan saat ini.

Mendampingi mahasiswa supaya tidak hanya kompeten secara akademik, tetapi juga mempunyai kesadaran yang tinggi akan tanggung-jawab sosialnya. Selain itu, kerelaan berkontribusi pada sesama juga menuntut kami bekerja lebih keras dan cerdas dalam penyelenggaraan pendidikan di USD,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam periode kali ini, USD mewisuda 800 wisudawan program sarjana maupun magister. Pada wisuda kali ini terdapat dua wisudawan yang meraih IPK sempurna 4, yakni Agustinus Herwanto dari Magister Manajemen dan Ari Wibowo dari Magister Teologi. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berantas Hoaks Tanggung Jawab Sosial Semua Pihak"

Posting Komentar