Berulang Tahun ke-68, Ternyata Satpol PP Lahir di Yogya

YOGYA (KMP) – Kota Yogyakarta ditunjuk sebagai tuan rumah perayaan ulang tahun ke68 Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan ulang tahun ke-99 Pemadam Kebakaran (Damkar). Serangkaian kegiatan disiapkan pada peringatan yang akan digelar pada Kamis (15/3/2018) ini.

Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta Nurwidi Hartana mengatakan, selain HUT Satpol dan Damkar, perayaan nanti sekaligus untuk HUT ke-56 satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas). “Untuk tingkat DIY kebetulan dipusatkan di Kota Yogya,” ucap Nurwidi, Selasa (13/3/2018)).

Menurut Nurwidi, banyak hal terkait Satpol PP yang belum diketahui oleh masyarakat. Salah satunya adalah tempat lahir Satpol PP. “Banyak yang tidak tahu kalau Satpol PP justru lahir di Yogya,” ungkap Nurwidi.

Ia menerangkan, berdirinya Satpol PP berawal dari kebijakan Sri Sultan HB IX yang membangun Detasemen Polisi Pamong Praja pada tahun 1949 di Yogyakarta. Karena dirasa memberi banyak manfaat dan diutuhkan, akhirnya pemerintah pusat secara resmi membentuk Satpol PP tahun 1950.

“Awalnya Satpol PP hanya dibentuk untuk wilayah Jawa dan Madura, namun kemudian menyebar ke seluruh wilayah Indonesia,” terangnya.

Sedangkan Linmas semula bernama Pertahanan Sipil (Hansip). Nama Hansip berubah menjadi Linmas dan masuk menjadi salah satu fungsi pada Satpol PP mulai tahun 2013 silam. “Linmas memiliki banyak fungsi dalam membantu pemerintah mulai bela negara, pemilu dan masih banyak lagi,” katanya.

Menurut Nurwidi, para peringatan HUT Satpol PP, Damkar, daan Linmas disiapkan rangkaian kegiatan. Mulai dari upacara peringatan, dilanjutkan dengan seminar, lalu defile drumband Gita Abdi Praja IPDN. Defile akan digelar di sepanjang Jalan Malioboro.

“Kenapa kita menghadirkan drumband dari IPDN karena saat ini di IPDN ada 5 matra baru di antaranya Pol PP, kebakaran, perhubungan dan lainnya. Drumband tiba di Yogya tanggal 14 dini hari dan malam harinya akan dijamu oleh Wali Kota,” paparnya. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berulang Tahun ke-68, Ternyata Satpol PP Lahir di Yogya"

Posting Komentar