GL Zoo Tata Ulang Pedagang di Pintu Keluar Utama


YOGYA (KMP) - Warung-warung di Objek Wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta mulai ditata. Puluhan kios yang yang mendagangkan jualannya di pintu keluar utama (timur)  itu, kini dikelompok-kelompokkan sesuai jenis jualannya.

“Kalau dulu jualannya masih selang-seling, ada oleh-oleh, cendera mata, pakaian, dan lainnya. Sekarang dikelompok-kelompokkan,” tutur  Kabag Usaha dan Jasa GL Zoo, Tukirin, kemarin.

Ia sebutkan,  ada lebih 70 warung/kios yang berjualan di lorong pintu keluar GL Zoo. Mereka terdiri dari kios blok A, B, dan C.  Para pedagang ini khusus melayani pengunjung yang baru saja meninggalkan kebun binatang setempat.

Adapun dagangan yang mereka jajakan seperti cenderamata, oleh-oleh makanan tradisional, pakaian, dan ada pula warung makan dan minuman. “Sekarang deretan terdepan diformat untuk dagangan oleh-oleh, belakangnya cenderamata, dan deretan terakhir untuk jualan pakaian,” jelas Tukirin.

Menurutnya, para pedagang di pintu keluar GL Zoo itu baru saja dikumpulkan untuk melakukan undian tempat jualan. “Pengundian tempat jualan baru saja kami laksanakan pada Selasa pekan lalu. Pengundian dilakukan perkelompok,” terangnya.

Tukirin menjelaskan, para pedagang di kompleks GL Zoo itu mayoritas adalah warga di sekitar kebun binatang setempat.  Mereka menempati area tersebut dengan cara mengontrak ke Manajemen GL Zoo. “Ada yang kontrak selama satu tahun, dua, dan tiga tahun sekaligus,” jelasnya.

Di kala banyak rombongan siswa sekolah yang berkunjung ke GL Zoo seperti saat ini, dagangan  mereka tampak lebih laris dari hari biasanya. KMP2/*


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GL Zoo Tata Ulang Pedagang di Pintu Keluar Utama"

Posting Komentar