Gugatan Praperadilan Tersangka Pemalsu Surat Tanah TNI AD Ditolak


JAKARTA (KMP) – Gugatan praperadilan yang diajukan TJ, atas penetapan dirinya sebagai tersangka dugaan pemalsuan surat tanah Letter C Nomor 844 dan 877 di Jl Kaliurang oleh Bareskrim Mabes Polri, akhirnya ditolak hakim tunggal Sunarso SH.

Sidang putusan di PN Jakarta Pusat, Rabu (7/3/2018), digelar inabsensia karena pemohon tidak hadir. Hingga hakim menutup sidang, proses persidangan berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Kakumdam IV/Diponegoro Kolonel Chk Agus Hari S SH mengapresiasi putusan hakim Sunarso. Menurut dia, putusan hakim membuktikan bahwa tindakan TJ mengajukan praperadilan adalah salah, karena dugaan pemalsuan Letter C Nomor 844 dan Nomor 877 yang dilakukan TJ benar adanya.

Kakumdam mengungkapkan, bukti permulaan yang ditemukan penyidik Bareskrim Mabes Polri benar adanya sehingga tindakan yang diambil berupa penetapan tersangka TJ sudah sesuai prosedur hukum yang berlaku.

“Dan putusan hakim hari ini sudah tepat, dengan memutus menolak praperadilan yang diajukan TJ. Semoga dengan ditolaknya permohonan praperadilan ini, maka aset TNI AD yang sudah lama hilang akan segera kembali baik secara hukum maupun fisik,” katanya.

Penyidik Bareskrim Mabes Polri Kombes Pol Surawan mengatakan, sejak awal pihaknya sangat yakin bakal memenangkan praperadilan. “Kita yakin karena apa yang kita lakukan sudah sesaui dengan prosedur dan keketentuan yang berlaku,” kata Kombes Surawan.

Surawan menjelaskan, pada sidang pembuktian yang digelar pada Senin (5/3/2018) pihaknya mengadirkan Prof Edy ahli hukum pidana dari UGM, kemudian Ahmad Khudori, Supriyanto serta Tumini sebagai ahli waris.

“Mereka dihadirkan untuk memperkuat langkah kita dalam penetapan status tersangka terhadap TJ yang didasari dari laporan dan 1 bukti permulaan telah terjadinya suatu dugaan tindak pidana sehingga hakim dengan keyakinannya menolak gugatan yang diajukan,” terangnya. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gugatan Praperadilan Tersangka Pemalsu Surat Tanah TNI AD Ditolak "

Posting Komentar