Ini Pentingnya Upacara Senin Pagi Menurut Dandim Yogya


YOGYA (KMP) - Prajurit dan PNS jajaran Kodim 0734/Yogyakarta melaksanakan upacara bendera Merah Putih di lapangan Makodim 0734/Yogyakarta Jl AM Sangaji, No 55, Senin (12/3/08) pagi. Upacara yang rutin digelar ini memiliki sejumlah tujuan penting.

Upacara bendera merah putih merupakan rutinitas yang dilaksanakan setiap hari Senin dengan tujuan membina dan memelihara kedisiplinan, kekompakan serta kerja sama. Dan yang paling penting adalah untuk mengenang jasa para pendiri bangsa.

Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah menjelaskan makna upacara bendera merah putih hari Senin. Menurut Dandim, upacara ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa patriotisme untuk menghormati Sang Saka Merah Putih serta menumbuhkan jiwa kedisiplinan bagi prajurit dalam mengamalkan Sapta Marga, Delapan Wajib TNI dan Sumpah Prajurit.

“Upacara Bendera Merah Putih adalah segala tindakan atau gerakan yang dirangkaikan serta ditata dengan tertib dan disiplin dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan memimpin serta membiasakan kesediaan dipimpin dan membina kekompakan serta kerjasama yang baik,” terang Dandim.

Apalagi, lanjut Dandim, bagi aparat di satuan teritorial yang sehari – hari berbaur dengan masyarakat, memimpin warga dan melakukan kegiatan kemasyarakatan. Semestinya memiliki unsur kepemimpinan, Kedisiplinan, kejujuran dan sebagainya.

“Prajurit harus bisa disiplin menjaga diri, disiplin bertugas, tak perlu diawasi tapi kegiatan berjalan, ini perlu kesadaran yang tinggi, makanya upacara bendera memupuk semua hal menjadi prajurit yang dewasa serta bertanggung jawab,” terang Dandim.

Selain itu, tambah Dandim, makna upacara yaitu tetap memelihara nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme. “Harapannya mengawali hari kerja yaitu Senin, prajurit setiap saat dapat memelihara kedisiplinan, makanya upacara wajib dilaksanakan rutin setiap hari Senin,” tambah Dandim. KMP2



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Pentingnya Upacara Senin Pagi Menurut Dandim Yogya"

Posting Komentar