Jalin Kerjasama, DPD Ferari DIY - UCY Segera Selenggarakan PKPA


YOGYA (KMP) – DPD Federasi Advokat Republik Indonesia (Ferari) DIY secara resmi menjalin kerjasama dengan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY). Kedua pihak berkomitmen penuh melahirkan advokat yang berkualitas melalui PKPA yang akan dilaksanakan di kemudian hari.

Kesepakatan kerjasama antara DPD Ferari DIY dengan UCY yang akan berjalan selama 3 tahun, ditandatangani Ketua DPD Ferari DIY, M Rohmidhi Srikusuma SH MH dan Rektor UCT Ir Mohammad Ismet M.Sc Ph.D, Rabu (28/3/2018) di Auditorium kampus setempat.

Moh Ismet, seperti dilansir Wartahukum.id mengungkapkan, kerjasama penyelenggaraan PKPA bersama DPD Ferari DIY memberi banyak manfaat bagi UCY. Guna memaksimalkan kerjasama ini, pihaknya siap memanfaatkan seluruh SDM yang dimiliki baik di Fakultas Hukum (FH) maupun di universitas secara keseluruhan.

Melalui kerjasama ini, lanjut M Ismet, diharapkan mampu mencetak advokat yang berkualitas yang bisa memberi kontribusi terbaik dalam dunia peradilan di Indonesia. “Semoga kerjasama ini mendorong kampus agar lebih berkembang dan DPD Ferari menjadi pilihan advokat untuk bergabung,” harapnya.

Ia menambahkan, kerjasama penyelenggaraan PKPA dengan DPD Ferari DIY juga menjadi bagian dari program kampus untuk mendorong peningkatan akreditasi. “Pilihan Ferari tidak salah. Kami memiliki SDM yang baik untuk mendukung program yang akan dijalankan,” tambahnya.

Sementara Rohmidhi Srikusuma mengatakan, fakta di lapangan menunjukkan bahwa jumlah organisasi advokat cukup banyak. Namun banyaknya jumlah organisasi tak mengentikan lahirnya organisasi baru. “Pertanyaannya, kenapa? Ini pasti ada masalah,” ucap Rohmidhi.

Ia menjelaskan, Ferari lahir dari sebuah idealisme yang dibangun bahwa organisasi bukanlah tempat mencari uang. Organisasi juga tidak seharusnya membebani anggotanya dengan banyak iuran yang tidak jelas peruntukannya.

Terkait kerjasama penyelenggaraan PKPA dengan UCY, ia berharap dapat mencekat advokat baru yang berkualitas sehingga memberi kontribusi besar bagi perbaikan sistem peradilan dan perkembangan hukum di Tanah Air.

Dalam praktiknya, lanjut Rohmidhi, ada beberapa hal yang perlu mendapat penekanan seperti hukum acara. Menurutnya, hal-hal yang bersifat praktis akan mendapat penekanan selama proses pendidikan yang akan berlangsung selama dua bulan..

“Salah satu contoh kasus terkait surat kuasa yang itu berkaitan dengan hubungan hukum antara advokat dengan kliennya. Kalau itu saja bisaa dipatahkan apa yang terjadi? Lalu hal-hal yang berkaitan dengan penyelesaian persoalan di luar pengadilan, juga jadi penekanan,” tegasnya. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jalin Kerjasama, DPD Ferari DIY - UCY Segera Selenggarakan PKPA"

Posting Komentar