Jangan Lupa, 10 Maret Ada Pawai Ogoh-ogoh di Malioboro


YOGYA (KMP) – Bagi Anda yang belum memiliki agenda libur akhir pekan ini, tak perlu risau. Ada kegiatan menarik di sepanjang jalan Malioboro pada Sabtu (10/3/2018) sore. Sebanyak 15 ogoh-ogoh akan dikirab dalam kegiatan pawai budaya menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940.

I Nyoman Santiawan, koordinator kirab mengatakan, pawai budaya memiliki beberapa tujuan. Selain melestarikan budaya, kegiatan ini juga untuk mendukung sektor pariwisata di Kota Yogyakarta. Pawai budaya sengaja diisi kirab ogoh-ogoh karena identik dengan Hari Raya Nyepi.

“Setiap perayaan Nyepi selalu membuat ogoh-ogoh sebagai simbol dari sifat-sifat negatif. Jadi sebelum melaksanakan Catur Brata Penyepian sigat negatif ini haruis dihilangkan terlebih dulu,” kata Nyoman Santi dalam sesi jumpa media di Kantor Diskominfo dan Persandian Kota Yogya, Kamis (8/3/2018).

Menurut Nyoman, pawai budaya kali ini merupakan yang keempat kalinya. Kali ini, panitia banyak melibatkan para pemuda dalam kehiatan khususnya pemuda dari Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD) yang ada di Yogyakarta.

“Seluruhnya ada 15 ogoh-ogoh ditambah kereta Jagannath, kemudian ada juga dari kelompok keagamaan. Start dari Gedung DPRD DIY dan finish di Titik Nol Kilometer. Nanti di sana ada panggung kehormatan dan ada atraksi,” katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan direncanakan start pada pukul 15.00 dan berakhir pukul 17.30 WIB. Selama proses kirab berlangsung akan diberlakukan penutupan jalan mulai pukul 15.00 WIB. “Tema pawai budaya kali ini adalah ‘melalui pawai seni dan budaya kita mantapkan persaudaraan sejati’," tambahnya.

Sementara I Komang Kesuma, Ketua Umum Panitia Perayaan Nyepi wilayah DIY mengatakan, beberapa kegiatan yang menjadi rangkaian dalam peringatan Nyepi telah dilaksanakan. Seperti upacara Wana Kerti dan lainnya.

“Tanggal 11 nanti ada Melasti di Pantai Parangkusumo, lalu Tawur agung Kesange di Prambanan. Itu untuk yang keagamaannya. Yang sosialnya, kita sudah menggelar bakti sosial di Dusun Kasuran Seyegan, Sleman dan di dekat Pura yang ada di Banguntapan Bantul,” katanya. KMP2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Lupa, 10 Maret Ada Pawai Ogoh-ogoh di Malioboro"

Posting Komentar