Lomba Bumil Sehat Tingkat Kota, Tri Astuti Raih Juara I


YOGYA (KMP) - Sebanyak 36 ibu hamil (bumil) perwakilan dari 18 Puskesmas se-Kota Yogyakarta mengikuti lomba penilaian ibu hamil sehat tingkat kota Yogyakarta. Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan kepedulian serta perhatian bumil, keluarga dan masyarakat dalam mewujudkan bumil yang sehat sehingga melahirkan generasi hebat.

Bumil Tri Astuti Wulandari dari Karangwaru, Tegarejo ditetapkan sebagai  Juara I dan Bumil Ani Purwaningsih dari Kelurahan Wirogunan, Mergangsan, serta Dewi Wiranti dari Tahunan Umbulharjo, masing-masing menjadi juara II dan III.  Juara harapan I diraih oleh bumil Finda Astriyani (Bener, Tegalrejo) dan bumil Andri Listiyowati (Pakuncen, Wirobrajan). 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta  dr. Fita Yulia Kisworini mengatakan, substansi penilaian terdiri dari umur bumil, status kesehatan, jarak kehamilan, Tinggi Fundus Uteri (TFU), Lingkar Lengan Atas (Lila), kadar hemoglobin  dan status imunisasi TT. Juga ketepatan pemeriksaan K1-K4, ANC Terpadu, pengetahuan tentang Buku KIA, KB, kesehatan gizi, kesehatan gigi, kesehatan umum, PKK dan psikologi.


Para ibu hamil dijuri oleh dokter spesialis obstetri gynekologi dari RSUP Dr. Sardjito dan RS. Pratama Kota Yogyakarta.  Tim juri lainnya  berasal dari berbagai latar  keahlian seperti psikolog, dokter umum, dokter gigi, bidan, nutrionis dan TP PKK Kota Yogyakarta.

Drg. Soetji Heroe Poerwadi  mengapresiasi kegiatan yang bersinggungan dengan bumil.  Soetji berharap para bumil perwakilan dari 18 puskesmas itu menjadi pelopor dan inspirator serta acuan bagi para bumil lain di wilayah.  Sosetji juga berharap kegiatan lomba bumil sehat ini  ke depan dapat menekan angka kematian bumil yang melahirkan.

Sementara itu,  Tri Mardoyo S.KM, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mengatakan, kegiatan yang baru pertama kali digelar di Kota Yogyakarta ini akan terus digelar pada tahun-tahun mendatang. Hal ini untuk memberi motivasi kepada bumil agar tetap menjaga kesehatannya saat masa kehamilan. KMP2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lomba Bumil Sehat Tingkat Kota, Tri Astuti Raih Juara I"

Posting Komentar