Makam Malam Bersama, Panglima TNI Tegaskan Soliditas TNI-Polri


YOGYA (KMP) – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menggelar makam malam bersama dengan  TNI dan Polri di Monumen Diponegoro (Mondip), Senin (19/3/2018) malam. Pada kesempatan itu, Panglima TNI menegaskan soliditas TNI-Polri.

“Tujuan utama kegiatan seperti ini kami ingin menunjukkan kebersamaan TNI-Polri, bahwa kami selalu saling bahu membahu. Apalagi dalam waktu dekat ada Pemilukada serentak, sehingga dengan soliditas ini diharapkan bisa membuat masyarakat lebih tenang,” ucap Panglima TNI.

Ia menjelaskan, pada tahun 2018 ada 171 daerah yang akan menggelar Pemilukada serentak. TNI, kata dia, tetap berkomitmen penuh memberi bantuan pada Polri demi menjamin kelancaran proses Pemilukada. Tak hanya itu, ia juga menjamin netralitas anggotanya.

Menurut dia, pada Pemilukada serentak tahun 2018, terdapat beberapa senior dari unsur TNI yang memutuskan maju mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Meski begitu, sejak keputusan maju dalam Pemilukada diambil, ia memastikan kaitan dengan TNI secara otomatis terputus.

“Tidak ada lagi kaitan dengan juniornya. Tidak ada lagi bantuan-bantuan yang diberikan kepada senior yang maju dalam Pemilukada. Bagi kami, netralitas adalah segala-galanya. Daan kami berkomitmen penuh menjaga netralitas itu,” tegasnya.

Komitmen serius ini dibuktikan dengan langkah TNI yang langsung mengonfirmasi begitu muncul kabar dari Bawaslu bahwa ada pelanggaran yang dilakukan TNI, Polri, dan ASN. Namun setelah dicek langsung, ternyata tidak ada pelanggaran seperti yang diberitakan.

“Kami tidak menyiapkan tim khusus, tapi tetap melakukan pengawasan. Kalau ada pelanggaran pasti akan langsung kami tindak. Netralitas tidak bisa ditawar lagi,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Panglima TNI menyempatkan diri menyumbangkan suara emasnya dengan menyanyikan dua buah lagu. Alunan lagu yang dibawakan membuat peserta yang hadir larut dalam nostalgia. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makam Malam Bersama, Panglima TNI Tegaskan Soliditas TNI-Polri"

Posting Komentar