Panwascam se- Sleman Buka Pendaftaran Panwaslu Desa


SLEMAN (KMP) – Pemilu serentak tahun 2019 kian dekat. Guna mengawal proses demokrasi untuk memilih DPR, DPD, DPRD provinsi dan Kabupaten, serta Presiden-Wakil Presiden, dibutuhkan pengawas di tingkat desa (Panwaslu Desa).

Guna mendukung kebutuhan itu, Panwaslu Kabupaten Sleman secara resmi membuka pendaftaran untuk Panwaslu Desa se-Kabupaten Sleman. Proses pendaftaran akan dibuka selama sepekan mulai 19-24 maret 2018.

“Senin (17/3/2018) adalah hari terakhir pengumuman pendaftaran Panwaslu Desa di 86 desa di Sleman. InshaAllah pengumuman sudah tersebar di papan pengumuman strategis di kantor desa bahkan sudah memviral di media sosial,” kata Vici Herawati, koordnator Divisi SDM dan organisasi Panwaskab Sleman, kemarin.

Menurut Vici, keberadaan Panwaslu Desa sangat penting dan akan menjadi ujung tombak pengawasan sekaligus penentu kualitas pemilu di tingkat desa. Karena itu, Vici berharap masyarakat untuk berpartsisipasi aktif menjadi pendaftar dan bisa bergabung dengan lembaga kepengawasan pemilu di tingkat desa.

“Semakin banyak masyarakat yang mendaftarkan diri tentunya akan semakin banyak pula pilihan mereka yang berintegritas yang akan dipilih,” terang Vici.

Sementara Karim Mustofa, Koordinator Divisi Hubungan Antarlembaga Pannwaskab Sleman mengatakan, jumlah Panwaslu Desa terdiri dari satu orang  tiap desa atau kelurahan. Kendati begitu, peran Panwaslu Desa saat Pemilu 2019 tetap bisa maksimal karena akan dibantu oleh Pengawas TPS.

”Proses seleksi Panwaslu Desa akan digelar secara transparan dan profesional oleh Panwas Kecamatan,” imbuh karim.

Ia menambahkan, pengumuman pendaaftaran Panwaslu Desa telah dilakukan mulai 14-17 Maret 2018 dilanjutkan pendaftaran dan penerimaan berkas 19-24 Maret. Hasil penelitian berkas administrasi akan diumumkan tanggal 31 Maret 2018.

“Mereka yang lolos seleksi administrasi akan diikutkan pada seleksi wawancara pada 4 April 2018 dan hasilnya akan diumumkan 5 April 2018. Mereka yang lolos sebagai calon Paswaslu Desa akan dilantik pada 7 April 2018,” pungkasna. KMP2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panwascam se- Sleman Buka Pendaftaran Panwaslu Desa"

Posting Komentar