Pemkot Yogya Bagikan Ratusan Timbangan Digital


YOGYA (KMP) - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogya mendistribusikan 950 timbangan digital kepada para pedagang pasar tradisional se-Kota Yogya. Timbangan digital ini dibagikan sebagai bagian dari komitmen Pemkot Yogya untuk meningkatkan kualitas ekonomi pedagang agar semakin dipercaya oleh konsumen.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogya, Maryustion Tonang mengatakan, sebelum dibagikannya timbangan tersebut, para pedagang diseleksi terlebih dahulu. Pedagang yang memperoleh bantuan adalah pedagang yang menggunakan timbangan dalam setiap kegiatan transaksi dan hanya diberikan kepada pedagang yang menjadi warga Kota Yogyakarta serta pedagang yang sudah melunasi retribusi pelayanan pasar.

"Timbangan digital sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dimana ada bukti dan sistem kepercayaan antara pedagang dan pembeli, ini akan memperbaiki dan melindungi konsumen begitu juga memberi dampak kepada pedagang. Kali ini timbangan digital yang diberikan memiliki kapasitas 15 kilogram" katanya di UPT Metrologi, Senin (5/3/2018).

Ia berharap setelah para pedagang menggunakan timbangan digital dapat menghindari adanya kecurangan serta meminimalisir kerugian akibat kelalaian pedagang. "Harapannya, pedagang menggunakan timbangan dengan baik sehingga seluruh barang yang diperjualbelikan dapat ditimbang dengan ukuran yang tepat. Menjadi pedagang yang jujur," katanya.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, jika keberadaan timbangan digital adalah salah satu bentuk komitmen Pemkot Yogya yang selalu memberikan bimbingan kepada para pedagang untuk memberikan ukuran yang benar.

"Ini juga untuk mempertahankan capaian yang membanggakan karena pada tahun 2016 lalu Kota Yogya meraih penghargaan sebagai Daerah Tertib Ukur," katanya.

Pemkot Yogya juga selalu menyediakan sarana dan prasarana untuk menjembatani antara pedagang dan pembeli. Sebab, lanjutnya, jaminan kebenaran yang berkaitan dengan ukuran, takaran, timbangan dan perlengkapan dalam dunia perdagangan merupakan hal yang hal penting, karena hal ini merupakan upaya  perlindungan terhadap konsumen.

Ia menghimbau kepada para pedagang agar tidak berlaku curang dengan memainkan timbangan karena ini ada sanksinya. “Agar semua proses dapat berjalan dengan baik semua pelaku usaha di pasar tradisional juga harus ikut membina, dan saling mengawasi serta memberikan pelayanan yang baik,” ujarnya.

Salah satu pedagang daging, Sri Sumiyati mengatakan, sangat berterimakasih kepada jajaran Pemkot Yogya yang sudah peduli terhadap para pedagang dengan memberikan timbangan digital. "Secara pribadi, saya berterimakasih dan mengapresiasi tinggi kepada jajaran Pemkot Yogya dalam menyejahterakan, memajukan dan meningkatkan roda ekonomi masyarakat Kota Yogya dengan terus berupaya memperhatikan para pedagang," katanya. KMP2/*


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkot Yogya Bagikan Ratusan Timbangan Digital"

Posting Komentar