Perkuat Posisi Indonesia, UMY Dirikan PSASEAN


BANTUL (KMP) - Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta (UMY) resmi mendirikan Pusat Studi ASEAN (PSASEAN) pada Sabtu (10/03/2018). Tujuan UMY mendirikan PSASEAN ialah keinginan makin memperkuat posisi Indonesia dalam organisasi regional Asia Tenggara tersebut.

Ketua PSASEAN UMY Ali Muhammad PhD saat peresmian di kampus setempat mengatakan, kehadiran PSASEAN sangat penting mengingat penting pula kedudukan regional Asia Tenggara dalam percaturan politik dan ekonomi dunia. Selain itu, ASEAN sebagai organisasi juga mendapat pengakuan dari semua negara di kawasan Asia Tenggara.

“Untuk itu, UMY berkepentingan untuk membentuk PSASEAN ini dengan visi sebagai pusat studi yang unggul dalam bidang penelitian dan publikasi terkait dengan ASEAN dan ekonomi politik Asia Teggara. Program dari PSASEAN ini meliputi penelitian, Publikasi dan seminar terkait dengan berbagai issue tersebut,” imbuhnya.

Ali pun menjelaskan, inisiasi awal pembentukan PSASEAN merupakan inisiasi langsung di level universitas. PSASEAN ini bersifat multidisipliner dan diisi oleh berbagai macam program studi. Untuk macam-macam program studi di dalamnya mulai dari prodi HI, Kedokteran, Hukum, hingga Pertanian.

Pusat studi ini memiliki fokus pada pengembangan, riset, dan publikasi yang berfokus tentang ASEAN dan dinamika di Asia Tenggara. Pusat Studi ini juga merupakan pusat studi pertama yang ada di Perguruan Tinggi Muhammadiyah,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Ashariyadi yang khusus datang untuk meresmikan PSASEAN UMY mengatakan, alasan Dirjen Kerjasama Kemenlu RI mendukung pendirian PSASEAN di UMY ialah ingin melakukan penguatan identitas dan kesadaran mengenai keberadaan ASEAN di tanah air.

“PSASEAN ini memiliki tujuan selain pengkajian, juga sebagai bentuk penyebarluasan pengetahuan mengenai ASEAN pada publik di tingkat domestik. Karena Indonesia sendiri masih tertinggal dari Thailand dan Singapura terkait pemahamannya mengenai ASEAN,” imbuhnya.

Menurut Ashariyadi, PSASEAN UMY sendiri merupakan PSA yang ke-53 di Indonesia. Peluang dari ASEAN pun masih sangat banyak yang harus dipahami dan dimanfaatkan di berbagai sektor dari 3 pilar kerja sama ASEAN. “Dengan adanya PSASEAN ini di UMY, kami ingin mencetak agen of change, agar para mahasiswa lebih memahami dan dapat menyebarluaskan ASEAN ke luar kampus,” harapnya. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perkuat Posisi Indonesia, UMY Dirikan PSASEAN"

Posting Komentar