Taman Pintar dan UGM Wacanakan Lomba Robot Terbang


YOGYA (KMP) - Taman Pintar Yogyakarta bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta  akan mengembangkan dan mengenalkan teknologi robotika khususnya Unamanned Aerial Vehicle (UAV) atau drone kepada masyarakat khususnya anak sekolah. Salah satu kegiatan yang akan digelar adalah kegiatan lomba robotik terbang (drone)  di tahun 2018 ini. 

Kerja sama ini telah dituangkan dalam sebuah nota kesepahaman (MoU) antara Taman Pintar Yogyakarta (Pemkot Yogyakarta) dan UGM di Balaikota Yogyakarta, kemarin.  Selain penantanganan MoU juga dilaksanakan workshop tentang drone dan peserta diberi kesempatan praktik mengemudikan drone.

Tak ketinggalan, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, juga ikut mempraktikkan cara mengemudikan drone. Usai praktik Wawali mengakui bahwa dalam bermain drone  dibutuhkan perasaan dan keterampilan. Menurutnya permainan drone telah banyak dilakukan oleh warga masyarakat. 

“Banyak dari kita juga sudah terbiasa melakukan permainan permainan seperti ini. Tapi dengan main drone inikan kita bicara tentang disamping soal rasa dan keterampilan  tetapi juga kemanfaatan dan etika bermainnya. Yang  selama ini kita mainkan masih baru sebatas hobi tetapi yang belum kita lakukan adalah drone ini bisa dipakai untuk apa dan lain sebagainya,” ujarnya.

Heroe menambahkan  permainan drone  ini merupakan  pintu masuk untuk membuat anak anak atau  warga masyarakat memiliki  minat  dan kecintaan terhadap dunia teknologi.

“Nah, kalau kita berani main drone itu adalah pintu masuk kita mengenal teknologi. Karena kemudian kita akan terbiasa utak atik merakit ini, merakit itu dan segala macam. Jadi permainan drone ini sebenarnya pintu masuk untuk kita supaya cinta teknologi dan  kemudian kita pelajari,” imbuhnya.

Heroe berharap banyak  dari warga masyarakat terutama anak anak sekolah berminat menggeluti dunia ini  agar memiliki keterampilan dan ilmu untuk membuat dan mengembangkan drone dengan rakitan yang lebih baik dan banyak lagi. Workshop menghadirkan nara sumber Dr. Gesang Nugroho ketua GR. Aeronautika UGM Yogyakarta.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono mengatakan, dari sisi Taman Pintar teknologi drone akan menjadi salah satu pengembangan. Dikatakan, selama ini di Taman Pintar sudah ada kegiatan lomba roket air dan lomba robotik. Drone ini menurut  Yunianto sudah menjadi wacana  yang akan dikembangkan dan akan menjadi agenda reguler kegiatan di Taman Pintar.


Yunianto berharap kegiatan robotik terbang (drone) ini akan diakui oleh tingkat pusat. “Kita wacanakan ada lomba robot terbang. Taman pintar sudah bekerja sama dengan UGM untuk merencanakan wacana lomba robot terbang. Dan ini akan menjadi agenda reguler  kegiatan di Taman Pintar. Dan mudah-mudahan diakui ditingkat pusat. Sehingga kita bisa setiap tahunnya kita bisa mengadakan lomba roket, air, lomba robotik dan lomba robot terbang atau drone,” ujar Yunianto. KMP2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Taman Pintar dan UGM Wacanakan Lomba Robot Terbang"

Posting Komentar