Hoaks Jadi Ancaman Nyata, Insan Penerangan Diminta Waspada


YOGYA (KMP) - Insan Penerangan diminta untuk waspada terkait maraknya berita berita hoaks yang bisa menimbulkan perpecahan dan permusuhan di tengah tengah masyarakat. Hal ini disampaikan Staf Ahli Bidang SDM dan Teknologi, Mayjen TNI Wawan Kustiawan SH, Kamis (19/4/2018).

Mayjen Kustiawan menyampaikan permintaan itu saat melaksanakan kunjungan kerja di Makorem 072/ Pamungkas. Hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Intel Korem Kolonel Kav Wiratno SH, Kapenrem Mayor Caj Syamsul Ma’arif S.Ag, perwakilan Penerangan Korem 072 Pamungkas, 
Penerangan TNI AU dan TNI AL wilayah Yogyakarta.

Menurut Kustiawan, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 mencapai 143,26 juta jiwa dan lebih dari 69 % masyarakat Indonesia mengakses internet dengan menggunakan perangkat mobile.

Indonesia merupakan pengguna Instagram ketiga terbesar didunia dengan pengguna media sosial ini sebanyak 55 juta orang. Indonesia juga meruapakan pengguna Facebook ketiga terbesar di dunia (130 juta) setelah India (250 juta) dan AS (230 juta) .

Hal ini, kata dia, menjadi permasalahan tersendiri karena penggunaan media sosial sering kali banyak disalahgunakan oleh pihak dan kelompok tertentu untuk menyebarkan hoaks dengan tujuan tertentu.

“Adanya permasalahan ini dari Kemenkopolhukam mengimbau kepada insan penerangan agar mensosialisasikan pencegahan dan penyebaran hoaks di satuan dan terutama dilingkungan masyarakat,” pesannya.

Harapannya dengan adanya sosialisasi pencegahan hoaks, timbulnya perpecahan bangsa melalui provokasi, agitasi dan propaganda dengan cara menyebarkan hoaks, ujaran kebencian dan informasi manipulatif dapat dihindari. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hoaks Jadi Ancaman Nyata, Insan Penerangan Diminta Waspada"

Posting Komentar