Hyundai Tucson Berubah Total, Ini Daftar Keunggulannya


SEOUL (KMP) -Hyundai Tucson akhirnya melakukan perubahan total guna mencuri perhatian. Apakah mobil Korea Selatan ini berusaha mencuri desain yang dimiliki oleh kakaknya yang bertubuh lebih besar, Hyundai Santa Fe? 

Hyundai Tucson merupakan SUV yang tergolong laris penjualannya. Meski penjualan 2017 belum diumumkan, Hyundai sudah mengatakan penjualan mobil tersebut telah berhasil mencetak rekor penjualan sebelumnya. Untuk catatan penjualan Hyundai Tucson sendiri terus meningkat. Pada 2015 sebanyak 304.092 unit Hyundai Tucson terjual di seluruh dunia. 

Penjualan mobil tersebut meningkat dua kali lipat pada 2016 dengan catatan penjualan 639.053 unit. Peningkatan penjualan yang terjadi seiring tahun membuat Hyundai begitu mengistimewakan Hyundai Tucson. Tahun ini mobil yang pertama kali diluncurkan pada 2004 tersebut mulai ditata ulang perwajahannya. 

Di samping legitnya penjualan Hyundai Tucson di seluruh dunia, perusahaan mobil Korea Selatan itu masih merasa ada yang kurang dari Hyundai Tucson. Ternyata mereka menganggap Hyundai Tucson kurang begitu memiliki relasi yang kuat dengan kakaknya yang berdimensi lebih besar, Hyundai Santa Fe. Mereka sepertinya ingin meniru sejumlah SUV Jerman dari Mercedes-Benz dan BMW yang sedikitnya memiliki karakteristik desain yang sama. 

“Dari perspektif desain, kami mengharapkan adanya harmoni antara Hyundai Santa Fe dan Hyundai Tucson. Beberapa ciri khas Hyundai Santa Fe seperti grille , impresi dramatis dan bagian buritan yang modern ada ditemukan di Hyundai Tucson,” kata Chris Chapman, Lead Designer Hyundai Motor America.

Dari siluetnya, Hyundai Tucson memang sedikit mengingatkan pada Hyundai Santa Fe. Apalagi jika dilihat dari samping di mana garisgaris desain Hyundai Santa Fe yang tegas juga terlihat di Hyundai Tucson. Jika dibandingkan dengan Hyundai Tucson lama, mobil ini memang jadi sedikit lebih dewasa. Grille trapezoidal sedikit direvisi, beserta lampu depan utama sepenuhnya LED yang jadi lebih sipit. Bemper juga direvisi, ditemani ornamen skid plate . Kombinasi ubahan elemen desain itu, menjadikan wajah Tucson lebih tajam. 

Sementara, penampilan belakang juga berubah bagian lampu, bemper dan ujung corong knalpot. Secara desain eksterior, ada nuansa desain yang mirip dengan Hyundai Kona. Penyegaran di dalam kabin, meliputi dasbor yang juga terasa punya karakter Kona. 

Sektor infotainment memakai layar sentuh 7 inci dengan desain seolah mengambang. Konektivitasnya sudah mendukung Apple CarPlay, Android Auto dan Bluetooth sebagai fitur standar. Tersedia opsional layar lebih besar, 8 inci yang menawarkan peta navigasi 3D dan tujuh tahun gratis berlangganan layanan LIVE yang juga memberi informasi lalu lintas secara real time . 

Lampu depan otomatis, pengisi daya baterai smartphone nirkabel juga tersedia sebagai opsional. Dari layar sentuh infotainment , bisa menampilkan sekeliling area mobil berkat fitur surround view monitor . Fitur itu memanfaatkan kamera 360 derajat, bisa membantu pengemudi saat parkir atau melewati jalan sempit. Sementara fitur safety ditingkatkan dengan autonomous emergency braking, lane keep assist and driver attention warning . Hyundai Tucson facelift ditawarkan dalam lima pilihan mesin: tiga diesel dan dua bensin. Nah yang paling bertenaga, mesin 2,0 CRDi dengan tenaga 183 PS dan penggerak empat roda sebagai standar. Pilihan transmisi 6- speed manual atau otomatis 8- speed . 

Mesin diesel lain berkapasitas 1,6 liter dengan dua pilihan output . Ada juga mesin bensin turbocharger 1,6 liter, 2,0 liter dan 2,4 liter naturally aspirated . Seperti SUV lain yang semakin canggih, Hyundai Tucson juga memiliki beberapa teknologi yang patut dicermati. Layar sentuh 7 inci mobil ini bisa terkoneksi dengan Apple CarPlau dan Android Auto.

Ada juga fitur bluelink connected car system . Fitur ini berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan mesin kendaraan melalui Android dan iOS. Dengan Blue Link, juga bisa mengunci pintu, menyalakan lampu, mengatur suhu dalam kabin mobil serta membunyikan klakson. 

Dengan Blue Link, kita bisa membantu petugas mencari mobil yang hilang dan menghubungi layanan bantuan dari Hyundai pada saat dalam kondisi darurat. Biasanya Hyundai akan mengenakan biaya untuk fitur BlueLink. Namun, untuk Hyundai Tucson baru fitur ini diberikan gratis selama 3 tahun. Selain fitur-fitur canggih tadi, Hyundai Tucson juga diberikan pilihan layanan wireless charging Qi yang bisa digunakan untuk iPhone 8, iPhone X dan Android. (Sindonews) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hyundai Tucson Berubah Total, Ini Daftar Keunggulannya"

Posting Komentar