Keren, Wayang Kulit Dijadikan Medium Sosialisai Pilgub


TEMANGGUNG (KMP) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah terus mensosialisasikan Pemilukada serentak di sejumlah Kabupaten/Kota. Guna menjangkau lapisan masyarakat terbawah, KPU memanfaatkan pagelaran wayang kulit untuk mendukung sosialisasi tersebut.

Seperti yang dilakukan di Kabupaten Temanggung, belum lama ini. pagelaran wayang kulit sedalu natas digelar di Gedung Pemuda Jl Sewandi Suwardi, Kowangan, Temanggung. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Temanggung Bambang Sukarno beserta Wakil Bupati, Ketua KPU Kabupaten Temanggung Sujatmiko, pejabat pemerintah daerah, serta PPK, PPS dan panwas se-Kabupaten Temanggung.

Pagelaran dengan dalang kondang Ki Seno Nugroho mengangkat judul “Semar Mbangun Kayangan’. Turut memeriahkan acara dagelan ‘Jo Klitik Jo Klutuk’.

Ari, selaku panitia penyelenggara mengungkapkan, roadshow pagelaran wayang kulit dalam rangka sosialisasi Pilgub Jateng telah dimulai sejak 3 Maret lalu di Wonogiri dengan dalang Ki Warseno Slank, kemudian dilanjutkan di Temanggung dengan dalang Ki Seno Nugroho.

Setelah itu, roadshow berlanjut ke Blora pada 7 April, Pemalang pada 11 April dan terakhir di Semarang pada 28 April. “Di Blora dan Semarang dalangnya Ki Warseno Slank, untuk di Pemalang Ki Seno Nugroho,” ucap Ari seperti dilansir Wartahukum.id.

Ia menambahkan, ppagelaran wayang kulit menjadi pilihan untuk mendukung kegiatan sosialisasi karena KPU ingin melakukan mendekatan dari aspek budaya. Wayang kulit, tidak terpisahkan dari budaya Jawa sehingga masyarakat diharapkan lebih mengerti dan tidak mudah terbuai janji manis.

“Wayang kulit tidak terpisahkan dari budaya Jawa. Kami berharap, melalui pagelaran wayang kulit ini pesan yang ingin disampaikan bisa diterima seluruh lapisan masyarakat hingga lapisan terbawah. Denga begitu masyarakat tidak mudah tergiur dan terbujuk janji-janji sekaligus agar bisa menjadi pemilih yang baik dan bijak,” tambahnya. KMP2




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keren, Wayang Kulit Dijadikan Medium Sosialisai Pilgub"

Posting Komentar