Kodim Sleman Tingkatkan Nasionalisme Warga lewat Sasaran Nonfisik TMMD


SLEMAN (KMP) – Sebagai salah satu program yang dilaksanakan untuk membantu pemerintah dalam mendorong peningkatan kesejateraan masyarakat, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tidak hanya menggarap sasaran fisik. Program ini juga menggarap sasaran nonfisik.

Sasaran ini memiliki peran sangat penting dalam mendorong peningkatan rasa nasionalisme masyarakat. Terlebih sasaran nonfisik memiliki muatan yang cukup beragam.

Seperti yang digelar Kodim 0732/Sleman, Rabu (11/4/2018). Kodim menggelar penyuluhan wawasan kebangsaan (wasbang) di Desa Trimulyo sebagai bagian dari sasaran nonfisik program TMMD Sengkuyung Tahun 2018. Kegiatan dihadiri Kades Trimulyo Suharjono HK S.Pd, Kanit Binmas Polsek Sleman, Kadus se-Trimulyo, Ketua RT /RW se- Trimulyo, Tomas,Toga, dan tokoh Pemuda.

Dandim 0732/Sleman Letkol Inf Diantoro S.IP mengungkapkan, sasaran nonfisik bertujuan untuk menggugah dan meupuk komitmen persatuan dan kesatuan bangsa. Kemudian meningkatkan wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme dalam rangka memantapkan semangat bela negara.

“Semangat bela negara sangat penting untuk mempertahankan NKRI. Semangat itu terus kita pupuk salah satunya melalui sasaran nonfisik TMMD,” ucap Dandim.

Dandim mengungkapkan, sasaran nonfisik TMMD tidak hanya berisi penyuluhan wawasan kebangsaan, kegiatan juga berisi sosialisasi bahaya narkoba, penyuluhan tentang kesehatan dan KB, hingga sosialisasi administrasi kependudukan, akta kepemilikan tanah.

Panit 2 Binmas Polsek Sleman, Aiptu Suhadi, yang menjadi salah saatu narasumber menyampaikan paparan tentang bahaya narkoba dan penyalahgunaan obat terlarang. Aiptu Suhardi juga menyinggung penyalahgunaan minuman keras oplosan.

“Jauhi narkoba, jangan sekali-kali mencoba barang harap. Sekali mencoba, akan sulit untuk berhenti. Termasuk mencoba meminum minuman oplosan karena sangat berbahaya.  Di Bandung, miras oplosan merenggut 41 korban meninggal dunia,” katanya.

Sementara Marno daari Dinas Pertanian, Pangan dan Peternakan Sleman menyampaikan sosialisasi tentang pengolahan lahan pertanian. Melaalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat tidaak kebingungan dalam bercocok tanah dan menjual hasil panen. KMP2



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kodim Sleman Tingkatkan Nasionalisme Warga lewat Sasaran Nonfisik TMMD"

Posting Komentar