Mulai Ditinggalkan, Fakultas Syariah IAIN Salatiga Pasang Jam Bencet


SALATIGA (KMP) - Dalam rangka melestarikan khasanah tradisi keislaman, Fakultas Syariah IAIN Salatiga memasang jam bencet di halaman Masjid Kampus II, Senin (23/4/2018). Pemasangan jam bencet diprakarsai langsung ahli falak nasional, KH. Misbahul Munir Al-falakiy.

KH. Misbahul mengungkapkan, jam bencet bekerja untuk menunjukkan waktu dengan patokan pergerakan Matahari. Jam ini juga dapat dipakai sebagai penunjuk waktu salat. Namun sejak adanya jam mekanik, popularitas jam bencet terus memudar dan penggunaannya lambat laun mulai ditinggalkan.

"Jam bencet ini kerjanya untuk menunjukan waktu dengan mengetahui posisi matahari dan ini sudah dipakai sejak jaman kuno," katanya seperti dikutip Wartahukum.

Sementara Dekan Fakultas Syariah IAIN Salatiga Dr Siti Zumrotun M.Ag mengatakan, pemasangan jam bencet selain untuk menunjang kegiatan akademik, juga sebagai momentum memompa kembali semangat jiwa pembelajaran ilmu falak di IAIN Salatiga yang sebelumnya telah dirintis oleh KH. Zubair Umar Al-Jailani, ahli falak sekaligus Pendiri IAIN Salatiga.

"Ini momentum untuk mengingat mbah Zubair sebagai ahli falak dan sekaligus pendiri IAIN Salatiga, karena beliau termasuk tokoh falak internasional," katanya.

Ahli falak Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga M Rifa Jamaluddin Nasir M.Si menambahkan, pemasangan jam bencet akan sangat membatu sebagai media pembelajaran mahasiswa seperti penentu akurasi waktu salat, arah kiblat, deklinasi pergerakan matahari, mengetahui bulan-bulan masehi dan mengetahui mangsa atau musim.

"Dengan adanya jam bencet ini nanti bisa digunakan untuk kajian akademis guna mengetahui waktu-waktu dan arah kiblat," tambahnya. KMP2/*


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mulai Ditinggalkan, Fakultas Syariah IAIN Salatiga Pasang Jam Bencet"

Posting Komentar