PLN Gandeng Polri Amankan Pasokan Listrik


SLEMAN (KMP ) – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menggandeng kepolisian RI guna menjamin keamanan pasokan listrik. Terlebih, PT PLN bakal mensupport beberapa event skala internasional yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Keamanan PLN yang digelar di Hotel JW Marriot, Sleman, Jumat (20/4/2018). Rakor dihadiri Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Moechgiyarto, Staf Ahli Kementerian ESDM, Irjen Pol (purn) Widyo Sunaryo. Rakor turut mengundang seluruh GM di wilayah kerja Pulau Jawa, Dirut Pembangkitan Jawa Bali (PJB) dan Dirut Indonesia Power.

Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Tengah, Amir Rosidin mengungkapkan, kerjasama yang telah terjalin baik dalam dalam hal pengamanan pasokan listrik pada acara - acara penting maupn titik-titik penting kelistrikan. Ia berharap kerjasama tetap berlangsung dengan baik.

Irjen (Purn) Widyo Sunaryo mengungkapkan, ada ancaman teroris yang mengincar obyek vital termasuk fasilitas yang dimiliki PLN. Ia mencontohkan, di Ukraina ada serangan malware yang dialamatkan pada perusahaan listrik negara sehingga membuat puluhan ribu nasabah dirugikan.

Kejadian serupa, kata dia, memang belum terjadi di Indonesia namun bukan mustahil akan terjadi. “Ini harus menjadi perhatian serius agar siber tech tidak mengganggu kinerja dan suplai listrik PLN,” katanya seperti dilansir Wartahukum.

Terkait kerjasama dengan Bharkam, lanjut dia, sangat penting dilakukan untuk melihat blind sport yang kadang tidak terlihat dari dalam namun terlihat jelas dari luar. “Nah kerjasama dengan Baharkam ini bisa melihat celah-celah yang ada untuk diperbaiki,” terangnya.

Komjen Pol Moechgiyarto mengungkapkan, PLN merupakan salah satu obyek vital asional (obvitnas) yang harus dijaga keamanannya dengan meningkatkan pola sistem keamanan baik secara internal ataupun bekerjasama dengan Polri.

Sementara Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali berharap kerjasama PLN dengan kepolisian dapat berjalan dengan lebih baik. “Untuk pengamanan kami bekerjasama dengan kepolisian mana yang perlu ditingkatkan. Garda terdepan ada di masing-masing unit kerja,” katanya. KMP2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PLN Gandeng Polri Amankan Pasokan Listrik"

Posting Komentar