Ratusan Mahasiswa Syariah IAIN Salatiga Ikut KKL di Jakarta


SALATIGA (KMP) - Peningkatan kualitas menjadi tuntutan perguruan tinggi. Lembaga pendidikan tinggi dituntut menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan dan keterampilan mumpuni sesuai kebutuhan kerja.

Tuntutan ini dijawab Fakultas Syariah (FS) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga dengan memberikan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bagi mahasiswanya. Kamis (19/4/2018) digelar pembekalan bagi ratusan mahasiswa yang akan mengikuti KKL di Jakarta.

Ratusan mahasiswa ini terdiri dari mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI), Hukum Ekonomi Syariah (HES) dan Hukum Tata Negara (HTN).

Wakil Dekan Bidang Akademik FS IAIN Salatiga, Dr Irfan Helmy MA dalam sambutannya mengungkapkan, peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu amanat bagi Institusi pendidikan khususnya pendidikan tinggi. Yaitu pendidikan yang memgacu pada kebutuhan lapangan kerja untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat.

Karena itu, untuk meningkatkan kualitas lulusannya seluruh perguruan tinggi perlu melengkapi kurikulumnya dengan berbagai keterampilan keahlian praktis guna menunjang dan melengkapi kemampuan teoritis yang sudah dimiliki.

"Supaya pendidikan tinggi berkualitas maka penting mahasiswa diberi bekal pengetahuan praktis untuk menyeimbangkan keilmuan teoritisnya, karna itu amanat bagi lembaga pendidikan,"kata Helmy, seperti dikutip Wartahukum Kamis.

Bekal pengetahuan praktis, kata Helmy, diberikan kepada mahasiswa melalui KKL yang akan dilakukan di Jakarta. Nantinya, selama KKL berlangsun, mahasiswa FS IAIN Salatiga akan mengunjungi beberapa lembaga seperti Mahkamah Agung (MA), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Lembaga lain yang juga akan dikunjungi adalah Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Yudisial (KY), Kementrian Perdagangan RI, Kementrian Tenaga Kerja RI, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, dan Ombudsman RI. “Harapanya mahasiswa nanti bisa menggali secara langsung keilmuan pada lembaga yang dikunjungi,” harapnya.

Nuzliawati, mahasiswi jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES) yang menjadi peserta KKL mengaku cukup antusiass mengikuti kegiatan. Menurutnya, KKL sangat penting bagi mahasiswa hukum untuk turun langsung ke institusi pusat penegak hukum di Indonesia.

“Dengan harapan pada acara tersebut mahasiswa bisa langsung diskusi kepada profesional hukum sehingga tambah memantabkan keilmuan mahasiswa. Saya sangat antusias karena dengan program ini kita bisa langsung interaksi dengan pakar di intitusi yang kita kunjungi," katanya (Jumadi/*)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ratusan Mahasiswa Syariah IAIN Salatiga Ikut KKL di Jakarta"

Posting Komentar