Reputasi Internasional Jadi Target UMY Terdekat



BANTUL (KMP) - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terus berupaya menjadi bagian terdepan dalam upaya mencerdaskan masyarakat Indonesia. Dan diusianya yang telah 37 tahun, UMY menargetkan mampu meraih reputasi internasional dalam waktu dekat.

Hal ini diungkapkan Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP dalam puncak Milad UMY ke-37 di kampus setempat, Rabu (18/04/2018). Menurut Gunawan, UMY tengah terus melebarkan sayap di skala global dengan berupaya menginternasionalkan segala aspek pendidikannya.

“Pada Milad UMY kali ini kami ingin menunjukkan bahwa kami ingin melampaui batas-batas yang ada dan melangkah lebih maju untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Baik itu peningkatan kualitas akademik maupun sumber daya manusia menuju reputasi internasional,” ujarnya.

Mengusung tema One Step Beyond’ untuk Milad ke-37, Gunawan menuturkan, pihaknya ingin pada 2020 mendatang UMY bisa menjadi international reputable university. Untuk itu, UMY terus meningkatkan networking maupun kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi bergengsi di luar negeri, seperti dari Taiwan, Korea, dan Eropa.

Sekarang akses kemudahan dalam joint research dengan perguruan tinggi asing semakin terbuka. UMY pun telah berkesempatan mengadakan seminar internasional di beberapa perguruan tinggi di Spanyol. Hal ini bentuk nyata dari kepercayaan yang mulai muncul dari proses internasionalisasi yang kami lakukan,paparnya.

Konsul Jenderal KBRI di Jeddah, Arab Saudi Dr Mohamad Heri Saripudin MA mengatakan, hubungan antara Indonesia dengan Arab Saudi sudah terjalin sangat lama. Hubungan tersebut terjalin karena faktor kesamaan agama Islam dari kedua bangsa. Hubungan bilateral antar kedua negara makin meningkat setelah kunjungan Raja Salman ke Indonesia pada Maret 2017 lalu.

Kunjungan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk meningkatkan kerja sama bilateral yang jauh lebih erat lagi dengan ditandatanganinya 11 MoU di berbagai bidang. Karena itu, kiranya civitas akademika UMY dan warga Muhammadiyah secara luas dapat berpartisipasi mengimplementasikan nota kesepahaman tersebut menjadi sebuah kerja sama nyata, seperti di bidang pendidikan,” ungkapnya.

Heri menambahkan, dengan konsep ‘Islam Berkemajuan, Muhammadiyah pun dapat bersinergi lebih luas dengan Kerajaan Arab Saudi. Gerakan internasionalisasi Muhammadiyah yang dicanangkan beberapa tahun belakangan ini, harus dilihat sebagai bagian dari ijtihad yang terus menerus dari Persyarikatan Muhammadiyah untuk mengarah kepada kosmopolitanisme.

Indonesia dan khususnya warga Muhammadiyah harus melihat momentum yang baik ini untuk menampilkan tidak hanya lslam yang toleran dan moderat, tapi juga sebagai umat yang kekinian dan berorientasi ke depan. Dalam hal ini termasuk dengan memaksimalkan potensi ekonomi untuk memberi manfaat yang sebesar-besarnya kepada warga Indonesia,” imbuhnya. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Reputasi Internasional Jadi Target UMY Terdekat"

Posting Komentar