Selamat, Pengurus Gabpeknas DIY Akhirnya Dilantik


YOGYA (KMP) - Setelah vakum selama 7 tahun sejak 2011 silam, Gabungan Perusahaan Konstruktor Nasional (Gabpeknas) DIY akhirnya memiliki pengurus resmi. Pengurus baru Gabpeknas DIY secara resmi dilantik di Hotel Gaia Cosmo, Rabu (25/4/2018).

Pelantikan pengurus masa bakti 2018-2023 ini sekaligus menjadi penanda dimulainya eksistensi organisasi perusahaan konstruktor yang banyak diisi kontraktor muda. Pengurus baru terbentul dalam Musda yang digelar pada malam sebelumnya.

Sebagaimana dilansir Wartakonstruksi.com, selain pelantikan  pengurus Gabpeknas, pada kesempatan yang sama juga dilakukan pelantikan pengurus Himpunan Profesi Tenaga konstruksi (Hiptasi) DIY periode 2018-2023.

Ketua Gabpeknas DIY, Ade Aziz Abdillah SE mengungkapkan, sebelum secara resmi dilantik oleh Gabpeknas Pusat, Gabpeknas DIY sebenarnya telah melakukan Musyawarah Daerah (Musda) sebanyak tiga kali yaitu pada Maret 2011, lalu pada 2012 dan terakhir pada 2018.

Namun demikian, Musda tidak berlanjut dengan pelantikan pengurus menyusul adanya konflik internal Lembaga Pengembang Jasa Konstruksi (LPJK) di tingkat pusat. Konflik internal baru mereda setelah presiden Joko Widodo turun tangan dan pengurus yang berseteru kembali bersatu.

“Jadi sebelumnya memang sempat vakum, baru setelah LPJK kembali bersatu berkat campur tangan pemerintah, pengurus Gabpeknas DIY akhirnya bisa dilantik hari ini,” ucap Ade Aziz di sela pelantikan, Rabu siang.

Menurut Ade, banyak pekerjaan yang harus diselesaikan pengurus yang baru dilantik. Terutama berkaitan dengan akreditasi jasa konstruksi. Karena itu, dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera menggelar pelatihan-pelatihan sertifikasi di tiap daerah.

“Pelatihan nanti terutama berkaitan dengan ketelitian dan kelengkapan dokumen karena ketelitian dan kelengkapan itu menjadi salah satu faktor penting saat melakukan tender. Akan segera kita gelar pelatihan setelah konsolidasi internal. Nanti juga ada sertifikasi tenaga ahli konstruksi,” katanya.

Ade mengungkapkan, sebagai sebuah organisasi, Gabpeknas berupaya membantu memfasilitasi siapa pun yang berkeinginan memiliki usaha dengan cara mudah. Ia mencontohkan, saat ini cukup banyak yang berkeinginan membuat CV, namun tidak semuanya familiar dengan proses birokrasi yang tidak bisa dibilang simpel.

“Nah di situ nanti kami bisa mengambil peran dengan memberikan pendampingan dan fasilitasi. Banyak yang mau memiliki usaha sendiri. yang punya CV baru biasanya mereka pernah bekerja di PT yang lebih besar. Tapi begitu berhadapan dengan proses birokrasi, kemudian mundur teratur,” terangnya.

Wakil Ketua DPP Gabpeknas, Ir Arnold T Panggabean mengatakan, Gabpeknas merupakan organisasi yang cukup tua karena telah berdiri sejak 1978. Hanya saja, organisasi  sempat diwarnai dinamika dalam perjalanannya. Karena itu, ia berpesan kepada pengurus baru agar terus belajar dan tidak terlibat kubu-kubuan.

Ia juga berharap LPJK tidak henti memberikan bimbingan sehingga Gabpeknas maupun Hiptasi dapat bergandengan tangan menjadi mitra pemerintah dan bisa memenuhi tuntutan perkembangan jasa konstruksi ke depan. (*)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selamat, Pengurus Gabpeknas DIY Akhirnya Dilantik"

Posting Komentar