UNY Gelorakan Tekad Berinovasi


SLEMAN (KMP) - Menginjak usia 54 tahun, UNY bertekad meningkatkan layanan kepada masyarakat dan stakeholder. Untuk itu, UNY semakin menggelorakan tekad berinovasi di segala bidang.

"Dalam era disrupsi seperti sekarang ini, di mana perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi demikian cepatnya, maka tuntutan untuk senantiasa berinovasi adalah hal yang tak terhindarkan. Sebagai salah satu upaya untuk mendukung komitmen tersebut, Dies Natalis ke-54 UNY tahun 2018 ini mengambil tema 'Inovasi Berkelanjutan untuk Pendidikan'. Dengan semangat Dies Natalis ke-54 kita semakin menggelorakan tekad berinovasi di segala bidang," ungkap Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd.

Dalam jumpa pers terkait pelaksanaan puncak peringatan Dies Natalis ke-54 UNY di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY, Senin (30/04/2018), Sutrisna menuturkan, dengan mengacu pada komitmen pencapaian UNY ke depan, dan kesadaran akan iklim kompetisi yang tinggi, tidak ada hal yang paling baik bagi seluruh civitas akademika UNY. Selain terus bekerja keras dan meningkatkan kualitas kinerja, serta layanan Tridharma PT, segenap civitas akademika UNY sangat menyadari pentingnya inovasi.

"Kita akan berhasil menaklukan era disrupsi dan selamat dalam iklim kompetisi yang semakin ketat dengan berinovasi. Berinovasi berarti melakukan pekerjaan dengan cara-cara baru yang lebih efektif dan efisien dengan mempertimbangkan skala prioritas. Pengambilan keputusan partisipatif pun perlu dilakukan dengan melibatkan proses berpikir divergen, bukan proses berpikir yang linear," paparnya.

Menurut Sutrisna, berinovasi merupakan pilihan dan berinovasi tidak bisa semata-mata karena kepatuhan. Oleh karena itu, tepat kiranya bahwa segenap pimpinan UNY transformatif yang bersifat kolegial, partisipatif dan transparan. Pendekatan itulah yang juga mendorong partisipasi akademika UNY dalam memajukan dan meningkatkan layanan Tridharma PT.

"Dies Natalis UNY tahun 2018 ini juga lebih terfokus pada peningkatan nuansa dan atmosfir akademik, dengan mendorong kegiatan-kegiatan akademik seperti kegiatan inovasi lPTEKs, inovasi pembelajaran, kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, seminar internasional, dan kajian-kajian akademik lainnya. Sentuhan seni dan budaya pun tetap dipertahankan, dengan menggali potensi segenap warga UNY," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dies Natalis ke-54 UNY Prof Dr Wawan S. Suherman MEd mengatakan, UNY sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan tenaga kependidikan dan non-kependidikan telah turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan Indonesia. UNY pun memiliki tanggung jawab moral dan akademik untuk melakukan transformasi nilai budaya masyarakat.

"Unggul, kreatif, dan inovatif merupakan motto yang menggambarkan bagaimana UNY memantapkan diri sebagai perguruan tinggi global yang tetap berpijak pada nilai-nilai humanis, religius, dan kebangsaan. Untuk lebih memantapkan peran dan fungsi UNY dalam pengembangan pendidikan, maka pada Peringatan Dies Natalis ke-54 UNY kali ini mengambil tema 'Inovasi Berkelanjutan untuk Pendidikan'," imbuhnya. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UNY Gelorakan Tekad Berinovasi"

Posting Komentar