Wali Kota Yogya Pantau UNBK SMP, Siswa Enjoy Garap Soal Ujian


YOGYA (KMP)Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri 1 Yogyakarta, Rabu (25/4/2018). Menurutnya pelaksanaan UNBK di hari ke-3 ini berjalan lancar, aman tanpa ada halangan atau gangguan berarti.

Haryadi mengungkapkan, ia sengaja menyempatkan diri melihat secara langsung pelaksanaan UNBK. Ia juga ingin mendengar langsung kesan dari para guru dan siswa tentang pelaksnaan UNBK ini.

Dra  Anggoro Rini, guru bidang studi Bahasa Inggris SMPN 1 Yogyakarta menuturkan bahwa pelaksanaan UNBK berjalan sangat lancar dan menyenangkan. Menurut Anggoro, UNBK tahun ini ada sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya, karena ada soal esei.

Dikatakan, ujian tahun  sekarang anak dituntut menjawab soal berdasarkan logika. “Misalnya dalam bahasa  teks, yang dulu  ditujukan untuk siapa, tetapi berbeda dengan sekarang, teks itu ditulis oleh siapa. Jadi anak anak dituntut untuk memiliki  logika yang tinggi,” terang Anggoro.

Anggoro mengaku tidak merasa kuatir karena telah menyiapkan anak didik mereka untuk hal itu jauh hari sebelumnya,  dengan memberikan latihan latihan terutama dalam menjawab soal yang bersinggungan dengan logika.  “Tapi kami siap pak. InsyaAllah kami siap. Anak sudah kami traning sedemikian rupa sehingga mereka sudah paham memainkan logikanya, ini untuk siapa dan seterusnya,”tambah Anggoro.

Menurutnya,  para siswa tidak merasa takut dalam menghadapi UNBK. Bahkan para siswa merasa nyaman dan menikmati.   “Tidak ada ketakutan pak. Biasanya kalau dulu, rasa gimana gitu (grogi, gugup ), tapi sekarang aman, nyaman,” tambahnya.

Keseluruhan siswa SLTP di Kota Yogyakarta yang mengikuti ujian berjumlah 8.093 orang. Jumlah ini meliputi 3.500-an siswa dari sekolah negeri dan 4500-an dari sekolah swasta. Ujian dilaksnakan selama 4 hari dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia  diujikan di hari pertama (Senin) , Matematika (Selasa), Bahasa Inggris (Rabu) dan IPA (Kamis).

Untuk SMPN 1 Yogyakarta, ujian dibagi dalam dua sesi yakni sesi pertama dimulai  pukul 07.30-09.30 dan sesi kedua  11.00 - 13.30 WIB. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wali Kota Yogya Pantau UNBK SMP, Siswa Enjoy Garap Soal Ujian"

Posting Komentar