Amien Rais Batal Hadir di Aksi Bela Bangsa, Ini Klarifikasi Panitia


Panitia Aksi Bela Bangsa menunjukkan video klarifikasi Amien Rais terkait absennya pada aksi 1 Juni mendatang. Foto: Sodik

Kabarmerahputih.net – Salah satu tokoh nasional, Prof Dr Amien Rais dipastikan tidak hadir dalam Aksi Bela Bangsa yang akan digelar 1 Juni mendatang di titik nol kilometer Yogyakarta. Namun, tudingan miring terus berdatangan berkaitan dengan ketidakhadiran Amien Rais.

Tak ingin polemik berkepanjangan, panitia aksi menyampaikan klarifikasi terkait status Amien Rais yang dikenal berseberangan dengan rezim penguasa saat ini.

Dwi Kuswantoro, Ketua Panitia Aksi mengungkapkan, panitia tidaak pernah mencoret nama Amien Rais dari daftar orator yang akan mengisi aksi. Panitia juga tidaak menyisihkan tokoh nasional itu seperti berita yang banyak beredar. Sebaliknya, pada tanggal yang ditetapkan, Amien Rais memang tidaak bisa ikut serta.

Menurut Dwi, pada awalnya Aksi Bela Bangsa tidak digelar pada 1 Juni. Namun seiring pergeseran waktu penyelenggaraan aksi, Amien Rais ternyata tidak bisa ambil bagian karena pada tanggal tersebut sedang berada di Tanah Suci Makkah.

“Atas  dasar itulah panitia tidak mencantumkan foto Prof Dr Amien Rais dalam publikasi. Tapi meski tidak hadir, beliau melalui komunikasi via handphone memastikan tetap memberi dukungan penuh dan memberi semangat kepada kami,” kata Dwi, Rabu (30/5/2018) siang.

“Munculnya nama Prof Amien Rais semata karena beliau adalah tokoh nasional yang berasal dari Yogyakarta dan sudah tidak diragukan ketokohannya,” sambungnya.

Dwi menjelaskan, Aki Bela Bangsa akan tetap berlangsung sesuai rencana. Diawali dengan shalat Ashar di Masjid Gede Kauman, peserta aksi menuju titik nol untuk mendengarkan orasi. Kemudian dilanjutkan pembagian ifthar sebelum kembali ke masjid untuk berbuka.

Untuk mendukung kelancaran aksi, panitia telah menyiapkan 700 personel keamanan dan 300 petugas kebersihan. Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan kepolisian untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

Pada kesempatan yang sama paniia memperlihatkan video rekaman klarifikasi dari Amien Rais terkait ketidak ikutsertaannya dalam aksi. Dalam video itu Amien Rais memastikan tidak ikut aksi karena tengah berada di Tanah Suci untuk menjalankan umroh. KMP2




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Amien Rais Batal Hadir di Aksi Bela Bangsa, Ini Klarifikasi Panitia"

Posting Komentar