Anggota Kodim Yogya Steril Narkoba, Ancaman Tetap Ada..!!


Sebanyak 61 anggota Kodim Yogya terdiri dari Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan ASN menjalani test urine dadakan, Kamis (24/5/2018). Foto: Sodik

Kabarmerahputih.net – Narkotika dan obat-obatan terlarang telah menjadi musuh bangsa. Berbagai upaya dilakukan guna menekan peredaran barang haram yang telah memasuki seluruh lapisan masyarakat hingga aparatur pemerintah.

Tak ingin ada anggota yang terjerumus, Kodim 0734/Yogyakarta intensif melakukan pemantauan dan pemeriksaan berkala terhadap anggota. Seperti yang dilakukan, Kamis (24/5/2018). Kodim Yogya mendadak melakukan test urine secara random terhadap anggotanya.

Test urine dilakukan usai apel di lapangan apel Makodim. Sebanyak 61 personel terdiri dari 3 pamen, 12 pama (perwira pertama), 36 bintara, 6 tamtama dan 4 orang ASN mengikuti test yang diawasi dua  petugas dari Dinas Kesehatan Tentara (DKT) Yogyakarta yakni Serda Hariyadi dan ASN Atik Widayati.

Sejauh ini, Kodim Yogya masih bisa bernafas lega karena tidak ada satu pun anggota yang terbukti positif menggunakan narkoba. “Seluruhnya dinyatakan negatif dari narkoba,” tandas Serda Hariyadi kepada Kabarmerahputih.net.


Hasil test urine, seluruh anggota yang ditest dinyatakan bebas narkoba. Foto: Sodik

Meski begitu, bukan beraarti narkoba sudah menjauh dari lingkungan tentara. Narkoba masih menjadi ancaman serius termasuk bagi TNI. “Narkoba itu masuk dalam tujuh dosa besar yang harus dihindari setiap personel TNI,” tegas Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0734/Yogyakarta Mayor Inf Munasik.

Menurut Kasdim, seorang tentara dapat terkena narkoba menunjukkan bahwa tentara tersebut orang yang bodoh. Mengingat, Kodim tidak pernah lelah memberikan pengetahuan dan petunjuk kepada setiap anggota bahwa narkoba termasuk tujuh pelanggaran berat bagi anggota TNI.

Mantan Kapenrem 072/Pamungkas itu mengungkapkan, seorang tentara yang bertugas di lapangan sangat rentan dan rawan terkena pengaruh narkoba. Sebab, mereka bersinggungan langsung dengan masyarakat dan lingkungan yang bisa jadi memang rawan narkoba. Maka dari itu, pemeriksaan pun rutin dilakukan mulai dari tes urine hingga pengawasan melekat (waskat).

“Tentara yang tugas di lapangan dan terjun ke masyarakat itu rawan terkena narkoba karena tugasnya memang harus ke tempat-tempat seperti itu. Makanya kami memiliki pengawasan ketat seperti waskat yang dilakukan personel tertua di masing-masing bagian,” ungkapnya. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anggota Kodim Yogya Steril Narkoba, Ancaman Tetap Ada..!!"

Posting Komentar