Cegah Peredaran Narkoba, Kodim Yogya Intensifkan Sosialisasi P4GN


YOGYA (KMP) - Kodim 0734/Yogyakarta bekerjasama dengan Denkesyah Yogyakarta melaksanakan sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Aula Makodim, Rabu (16/5/2018). Sosialisasi diikuti seluruh prajurit dan ASN.

Kepala Staf Kodim 073/Yogyakarta Mayor Inf Munasik S.Ag dalam sambutannya mewakili Dandim 0734/Yogyakarta mengungkapkan, sosialisasi dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyalah gunaan narkoba di satuan Kodim 0734/Yogyakarta.

“Ini adalah program satuan yang harus dijalankan dengan tujuan untuk meminimalisir pelanggaran, lebih-lebih pelanggaran yang berkaitan dengan narkoba, yang notabene bagi TNI merupakan katagori pelanggaran berat,” ucap Kasdim.

Melalui Kegiatan ini diharapkan Kodim 0734/Yogyakarta dapat membantu program P4GN serta dapat tercipta lingkungan kerja yang bersih dari penyalahgunaan narkoba, mengingat tingginya peredaran gelap narkoba di Indonesia.

Tingginya angka penyalahgunaan narkoba membutuhkan kepedulian semua pihak, baik TNI, instansi pemerintah maupun swasta untuk bersinergi dalam melakukan pencegahan serta pemberantasan peredarannya di wilayah masing-masing.

Dr Ditya Dewi dari Denkesyah Yogyakarta dihadapan 100 peserta yang hadir memaparkan pengertian dari psikotropika, kegunaannya serta efek yang ditimbulkan dari penggunanya.

Psikotropika, lanjut dr Ditya, merupakan zat adiktif yang mempunyai pengaruh terhadap susunan saraf pusat. Narkoba bekerja mempengaruhi saraf manusia dan apabila digunakan secara terus menerus akan menimbulkan ketergantungan.

“Efeknya adalah ketergantungan dan akan sering berhalusinasi. Penggunanya juga akan mengalami masalah tidur. Tapi di dunia medis, prikotropika digunakan untuk membantu pengobatan,”  paparnya. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cegah Peredaran Narkoba, Kodim Yogya Intensifkan Sosialisasi P4GN"

Posting Komentar