DPRD Kota Cirebon Studi Kota Layak Anak di Yogya


Pimpinan rombongan DPRD Kota Cirebon bertukar cinderamata dengan staf ahli Wali Kota saat kunjungan kerja, kemarin. Foto: Ist

YOGYA (KMP) - Komisi III DPRD Kota Cirebon, Jawa Barat melakukan studi komparasi tentang Kota Layak Anak di Kota Yogyakarta. Rombongan DPRD Kota Cirebon yang dipimpin oleh H. Dody Ariyanto MM diterima oleh Staf ahli Walikota Bidang perekonomian  Drs. H. Bedjo Suwarno, di ruang Yudistira Kompleks Balaikota Yogyakarta, kemarin.

Doddy Ariyanto mengatakan, mereka bermaksud melakukan studi banding bagaimana Pemkot Yogyakarta mengelola program Kota Layak Anak. Pemkot Yogyakarta dinilai telah menaruh perhatian yang besar terhadap hak hak anak sehingga menjadikan kota ini sebagai kota layak anak.

“Fokus kami Kota Layak Anak . Kami anggap kota Jogja pantas dikunjungi . Kami tahu komitmen kota Jogja sungguh besar terhadap hak anak,” ujar Dody.

Drs. H. Bedjo Suwarno menjelaskan, Pemkot Yogyakarta memberi perhatian yang besar terhadap pemenuhan hak anak. Untuk itu semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkot didorong memberikan dukungan terhadap program Kota Layak Anak.


Narasumber dari Pemkot Yogya memberikan paparan terkait Kota Layak Anak saat menerima kunjungan tim DPRD Kota Cirebon. Foto: Ist

Pemkot juga menyediakan anggaran khusus untuk membiayai program ini melalui dinas terkait dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMP2A) Kota Yogyajarta sebagai leading sector.

Plt. Kepala DPMP2A Kota Yogyakarta , Octo Noor Arafat menambahkan, OPD-nya telah menyiapkan dana untuk program yang menyentuh hak anak sebesar Rp1,6 miliar. DPMP2A juga merumuskan program yang banyak melibatkan anak-anak. Mereka bekerja sama dengan OPD lain seperti Dinas PUPKP dan Badan Lingkungan Hidup untuk menciptakan ruang terbuka hijua public yang ramah anak.

Selain itu, DPMP2A juga membangun tempat penitipan anak (TPA) di dua lokasi yang berbeda yakni di Balaikota Yogyakarta dan di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Tujuannya untuk menampung anak-anak karyawan Pemkot dan para pedagang pasar Beringharjo.

“Kedua TPA ini memiliki fasilitas yang sangat memadahi. Masih ada program lain menyangkut anak yang diampuh oleh DPMPPA yang mengarah pada pelayanan kepada anak,” tambah Octo. KMP2/*

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DPRD Kota Cirebon Studi Kota Layak Anak di Yogya"

Posting Komentar