Keren, Pasangan Ndaru-Okky Tembus 5 Besar DOTH Tingkat Nasional


Pasangan Ndaru - Okky berhasil menembus lima besaar seleksi Duta Orang Tua Hebat (DOTH) tingkat nasional. Foto: Ist

Kabarmerahputih.net - Pasangan Ndaru Adi Saputro, S.Pd dan Okky Dwi Cahyandari S.Pd. berhasil menembus prestasi lima besar nasional dalam seleksi Duta Orangtua Hebat (DOTH). Orangtua dari Namira Diba Maimanah (4) dinyatakan masuk ke dalam lima besar setelah sebelumnya berhasil menjadi juara pertama baik di tingkat Kota Yogyakarta maupun tingkat provinsi.

Keluarga muda yang juga menjadi kader Bina Keluarga Balita (BKB) Bina Permata Hati 4 tersebut dianggap mampu menciptakan keluarga berkualitas dengan melaksanakan fungsi-fungsi keluarga.

“Pasangan tersebut mampu memahami langkah-langkah kriteria menjadi keluarga yang berkualitas dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari serta melaksanakan fungsi-fungsi keluarga seperti fungsi keagamaan, cinta kasih, sosial-budaya,” ucap ketua tim verifikasi seleksi DOTH Tingkat Nasional, Ir. Ambar Rahayu, MNS.

Diungkapkan oleh Ndaru, keberhasilan tersebut berangkat dari komitmen mereka dalam mengasuh dan mendidik putri semata mayang mereka untuk menjadi anak yang berkualitas.

“Kami mengasuh dengan mendidik dengan memberikan teladan yang baik dan selalu mengajak putri kami untuk melakukan berbagai kegiatan positif sehingga nanti hal-hal positif tersebut terbentuk menjadi kebiasaan,” terang pria yang berprofesi sebagai guru tersebut.

Ditambahkan oleh Okky, istrinya. Penanaman fungsi-fungsi keluarga dilakukan melalui kegiatan sehari-hari, mulai dari bangun tidur di pagi hari hingga saat tidur di malam hari.

“Kami selalu mendampingi anak dalam aktivitas sehari-hari, mulai dari pagi hari kami sudah mengajak untuk shalat subuh berjamaah untuk menanamkan fungsi keagamaan, lalu kami mengenalkan Namira dengan wayang dan alat musik gamelan sebagai fungsi sosial-budaya. Kami juga kerap mengajak putri kami untuk ikut memberi makan ayam peliharaan untuk membentuk kepedulian dan cinta kasih kepada sesama mahkluk hidup,” paparnya.

Ditambahkan oleh Okky, pihaknya juga senantiasa mengajak putri mereka untuk mampu berpikir secara kritis dan mandiri dengan cara-cara yang mudah dimengerti, seperti misalnya ketika putri mereka tersebut menanyakan kenapa harus menjalankan ibadah shalat lima waktu.

“Ketika Namira menanyakan kenapa harus Shalat, kami mengajak putri kami tersebut untuk menghitung nikmat yang ia dapatkan, seperti nikmat sehat, lalu kami mengatakan kalau kita harus shalat sebagai bentuk rasa syukur karena diberi sehat,” imbuh wanita yang juga berkeseharian sebagai guru tersebut.

Sementara, Istri Walikota Yogyakarta yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Yogyakarta, Tri Kirana Muslidatun mengapresiasi keberhasilan keluarga muda tersebut. Ana berharap hal tersebut mampu menjadi inspirasi bagi orangtua lain yang memiliki anak balita.

“Semoga apa yang dilakukan oleh mereka mamkpu mnejadi inspirasi dan semangat bagi orangtua yang memiliki anak balita dan prestasi ini bisa menular ke seluruh kader BKB,” Katanya. KMP2/*

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keren, Pasangan Ndaru-Okky Tembus 5 Besar DOTH Tingkat Nasional"

Posting Komentar