Resmi Dikukuhkan, HIP4S Siapkan SDM Penerbangan Berkualitas


Kepala Disdikpora DIY mengukuhkan pengurus HIP4S Yogyakarta Periode 2018-2021 di Hotel Saphir, Jumat petang. Foto: Sodik

Kabarmerahputih.net – Setelah 10 tahun berjalan sendiri-sendiri, lembaga pendidikan pramugari dan staf airlines akhirnya bersatu. Lembaga ini bergabung dalam wadah bernama Himpunan Penyelenggara Pendidikan Pelatihan Pramugari dan Airlines Staff (HIP4S).

Kepengurusan HIP4S periode pertama untuk masa bakti 2018-2021 secara resmi dikukuhkan di Hotel Saphir Yogyakarta, Jumat (26/5/2018) petang oleh Gubernur DIY yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji.

Ketua HIP4S, Ani Kurniawan SE MM mengungkapkan, organisasi yang dipimpinnya merupakan wadah jalinan antar lembaga yang bergerak di bidang pendidikan pramugari dan staf airlines. Dengan wadah ini, diharapkan permasalahan yang timbul di lapangan dapat terselesaikan dengan baik.

“Contohnya kalau ada persaingan marketing, itu kan biasanya ada gesekan, nah itu bisa terselesaikan melalui wadah ini,” ucap Andi usai pengukuhan, Jumat petang.


Kadisdikpora DIY memukul gong sebagai usai pengukuhan pengurus HIP4S Yogyakarta Periode 2018-2021. Foto: Sodik

Selain itu, HIP4S, kata Andi, diharapkan dapat membantu pemerintah dalm mengembangkan sumber daya manusia (SDM) baik di Yogya maupun Indonesia. Kemudian HIP4S juga membantu pemerintah dalam proses verifikasi data dan lembaga jika ada pendirian lembaga baru.

HIP4S, lanjut Andi, juga menjadi jembatan bagi user baik airlines dan ground handling maupun perusahaan lainnya dalam mensupport kebutuhan SDM mereka. Melalui HIP4s diharapkan kebutuhan SDM perusahaan-perusahaan itu dapat terpenuhi dengan baik.

“Harapan kami dari pihak airlines juga bisa memberi masukan, ini lho kurikulum yang benar, yang kami butuhkan seperti ini dan seterusnya. Ketiga hal ini kami komunikasikan dengan anggota sehingga bisa lebih kuat lagi melalui HIP4S,” terangnya.


Pengurus HIP4S Yogyakarta membacakan ikrar setelah resmi dikukuhkan oleh Kepala Disdikpora DIY mewakili Gubernur. Foto: Sodik

Ia menambahkan, menilik sejarah, sekolah pramugari dan staf airlines pertama kali berdiri di Yogyakatya 18 tahun silam. Hanya saja, sejak itu sekolah yang ada berjalan sendiri-sendiri sampai pada Februari 2018, sekolah-sekolah itu sepakat bersatu dan membentuk wadah.

Saat ini, 9 lembaga telah resmi bergaabung dalam HIP4S. Antara lain jogja Flight Education Center, P3 Nusantara, PSPP, PUD, GPS, Patriot Bangsa, Dimas, Bina Avia Persada dan Iron Bird. “Hari ini banyak juga yang datang dan bergabung. Kami berharap yang belum agar segera bergabung dalam HIP4S,” harapnya.

Secara keseluruhan, terdapat 22 lembaga pendidikan pramugari dan staf airlines yang ada di Yogyakarta. Hanya saja, daari jumlah itu 15 saja yang aktif beroperasi sedangkan sisanya tidak menentu.


Ketua HIP4S Yogyakarta, Andi Kurniawan SE MM, memberikan keterangan pers setelah acara pengukuhan di Hotel Saphir, Jumat petang. Foto: Sodik

Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, keinginan kuat membentuk HIP4S perlu diapresiasi dan dihargai. Keinginan ini menunjukkan adanya keinginan untuk maju bersama-sama. “Bagaimana pun kerja tim akan lebih baik dari kerja sendiri,” ucap Baskara Aji.

Ia menambahkan, setelah resmi dikukuhkan HIP4S memiliki tugas berat untuk menghasilkan SDM lulusan yang memiliki daya saing kuat. Bahkan jika diperlukan ia ingin SDM yang dihasilkan memiliki standar internasional. KMP2

Susunan Pengurus HIP45 Periode 2018-2021
Penasehat         : Sri Indaryati
Ketua               : Andi Kurniawan SE MM
Wakil Ketua      : Anna Handayani SE
Sekretaris I       : Yennie Agustien
Sekretaris II      : Rr Natalia Tri Wahyuningsih SH
Bendahara         : Budi Irawaati Bsc
Bendahara II      : Maya agustiya Sari SE
Legal Officer     : Rr Natalia Tri Wahyuningsih SH
Public Relation  : Ari Wibowo
                          R Dimas Mahardika SE



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resmi Dikukuhkan, HIP4S Siapkan SDM Penerbangan Berkualitas"

Posting Komentar