Selamat, Kampung Basen Resmi jadi Kampung Panca Tertib


YOGYA (KMP) - Warga Kampung Basen, Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede mendeklarasikan Kampung Basen, sebagai Kampung Panca Tertib. Mereka  berkomitmen  mewujudkan kampung Basen sebagai kampung  tertib lingkungan, tertib sosial,  dan tertib usaha pondokan.

Warga ingin   mewujudkan kampung Basen yang bersih, hijau, sehat, tertib, aman dan nyaman, serta mewujudkan semangat gotong royong, kerukunan, kebersamaan dan toleransi  antar warga. Mereka juga mau  mengoptimalkan Jam Belajar Masyarakat dan mewujudkan tertib penyelenggaraan Pondokan.

Deklarasi Kampung Basen sebagai kampung Panca Tertib dilakukan di RW.04, Minggu (29/4/2018) pagi. Wakil Walikota Yogyakarta dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta juga hadir dan menandatangani Berita Acara.

Wakil Walikota Heroe Poerwadi mengatakan tekad warga masyarakat Basen menjadikan kampungnya sebagai  kampung yang tertib dengan ditandai penandatanganan deklarasi kampung Panca Tertib patut mendapat apresiasi.

Menurutnya, semua warga  memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungannya agar tetap tertib  dari segala aspek. Kehidupan  sosial bermasyarakat bisa tertib, saling tolong menolong,  rukun, serta memiliki lingkungan tertata rapi merupakan kunci kebersamaan dalam sebuah lembaga dalam hal ini Rukun Warga.

Mengawali kampung  Panca Tertib itu Wawali berharap seluruh warga ikut serta bersama-sama menentukan kira kira kelurahannya  akan dibawa ke mana dan mau dijadikan apa.

LPMK Kelurahan Purbayan tahun 2018 ini mendapat dana stimulan sebesar Rp110 juta dan Rukun Warga (RW) mendapatkan anggaran stimulan sebesar Rp10 juta dengan jumlah RW di kelurahan Purbayan sebanyak 14 RW.

“Kalau dijadikan satu berarti kurang lebih Rp. 250 juta per tahun.Saya bayangkan selama setahun Rp. 250 juta, berarti selama empat tahun ada 1 miliar. Saya rasa sangat cukup untuk fokus membuat kegiatan menjadi berarti dan  bermanfaat bagi warga,” tambah Heroe.

Wawali  berharap dengan  Kampung Panca Tertib itu,  nantinya  bisa mendorong kelurahan Purbayan  yang maju, bermafaat, dan bisa menyejahterakan masyarakatnya.

Wahyono Iriandi PS, Ketua RW 04 Kelurahan Purbayan mengatakan, kesadaran  masyarakat untuk tertib dalam kehidupan sosial bermasyarakat di wilayahnya sudah baik namun perlu ditingkatkan lagi. Selaku ketua RW, Wahyono mengaku sudah melakukan  sosialisasi, memberi tahu masyarakat tentang pentingnya bersih dan tertib lingkungan. Namun diakui masih ada satu dua warga melanggarnya.


“Ada yang sering kucing-kucingan memanfaatkan SAH untuk membuang limbah. Walaupundari RW sudah menerapkan sanksi pertama teguran surat, ternyata masih dilakukan maka akan diberi sanksi dengan tidak memberikan rekomendasi surat apapun dalam kurun waktu tertentu kepada keluarga itu, ya semacam sanksi administrasi,” terangnya. KMP2/*

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selamat, Kampung Basen Resmi jadi Kampung Panca Tertib"

Posting Komentar