UAD Kembali Kirim Alumni Mengajar di Thailand


YOGYAKARTA (KMP) - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) bekerja sama dengan Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA) kembali mengirim alumni untuk mengajar di luar negeri. Kali ini delapan alumni siap mengajar di enam sekolah mitra UAD di Thailand selama satu sampai dua tahun.

Ke delapan mahasiswa tersebut ialah empat alumni dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan empat alumni dari Sastra Inggris. Diungkapkan Kepala KUI UAD Ida Puspita MARes, program Alumni Memgajar di Thailand tersebut merupakan program kerjasama UAD dengan sekolah-sekolah mitra. Program tersebut dimulai sejak 2013 lalu, dan jumlah permintaan alumni mengajar selalu meningkat tiap tahunnya.

"Program Alumni Mengajar ini adalah salah satu program kerjasama internasional unggulan dan tahunan milik UAD. Ini adalah upaya UAD untuk menunjukkan kualitas lulusan UAD yang telah mampu bersaing di pasar global," ujarnya, Rabu (02/05/2018) di kampus setempat.

Menurut Ida, manfaat dari adanya program kerjasama internasional tersebut bahkan tidak hanya dirasakan oleh civitas akademika yang masih aktif saja, tetapi juga para alumni. Total saat ini UAD telah mengirim lebih dari 50 alumni ke Thailand melalui program Alumni Mengajar ini.

"Untuk dapat mengikuti program ini, alumni kami wajibkan mengikuti beberapa tahap seleksi. Tahap pertama, seleksi berkas yang diikuti seleksi wawancara di prodi masing-masing. Lalu, alumni mengirimkan video mengajar ke pihak sekolah mitra, yang diakhiri dengan seleksi wawancara secara online oleh sekolah mitra," jelasnya.

Setelah alumni dinyatakan diterima, KUI UAD dan BIMAWA UAD memberikan pembekalan. Pembekalan terdiri dari tahap pemahaman hak dan kewajiban, pemberian pemahaman tentang budaya, dan sesi sharing oleh alumni yang pernah mengikuti program yang sama. Selain itu, mereka pun akan mendapat pembekalan kemampuan bahasa Thailand tingkat dasar oleh mahasiswa Thailand yang sedang belajar di UAD. 

Wakil Rektor IV UAD Prof Sarbiran MEd PhD mengatakan, program ini sebagai bukti UAD terus berusaha go international. Kepada para alumni, ia menekankan untuk tidak lupa mengerjakan ibadah sholat dan selalu berdoa. Selain itu, pada waktu senggang, alumni diminta mengisinya dengan berbagai kegiatan untuk menambah pengetahuan.

"Isilah waktu dengan membaca, apapun itu bentuknya. Jangan sampai pikiran kosong. Dan jangan lupa olahraga untuk menjaga kebugaran fisik. Usahakan juga selalu menjalin komunikasi dengan keluarga dan semua teman, termasuk saling mengingatkan," imbuhnya.

Kepala BIMAWA Dr Dedi Pramono MHum mengatakan, para alumni yang lolos mengajar di Thailand bisa berbangga diri. Mereka akan menjadi duta UAD sekaligus duta Indoneaia. "Ini sebuah kebanggaan tersendiri. Dan saya harap kalian bisa selalu semangat dan jangan lupa ibadah," imbuhnya. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UAD Kembali Kirim Alumni Mengajar di Thailand"

Posting Komentar