Urai Kemacetan Lalin Jl Terban Bakal Direkayasa, Begini Skemanya


YOGYA (KMP) – Kemacetan parah kerap terjadi di ruas Jalan Terban di sisi utara Mirota Kampus. Kemacetan bahkan mengular hingga 200 meter sampai di Jl Cik Di Tiro. Kemacetan parah membuat lalu lintass di kawasan sekitar menjadi terganggu.

Untuk mengurai kemacetan, Dinas Perhubungan Kota Yogya menyiapkan rekayasa lalu lintas khusus di Jalan Terban. “Pada long weekend atau peak season kemacetan saangat parah terjadi, membuat kawasan itu semakin crowded,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogya, Wirawan Hario Yudho.

Menurut Wirawan, pihaknya telakukan kajian terhadap kawasan tersebut. rekayasa lalu lintas dinilai akan efektif mengurai kemacetan yang selama ini banyak dikeluhkan masyarakat.

Nantinya, lajur dari arah timur sisi selatan akan ditambah satu lajur sedangkan lajur dari arah barat sisi utara akan dijadikan satu lajur. “Jadi dari araah timur semakin luas, yang dari barat dipersempit hanya satu lajur saja,” ucaap Wirawan.

Kabid Lalu Lintas dishub Kota Yogyakarta, Golkari Made Yulianto menambahkan, saat terjadi kemacetan lalu lintas di bundaran UGM terkunci akibat antrean di depan Mirotaa Kampus. Sebagai salah satu solusinya, dipasang water barrier untuk menutup akses dari timur bundaran UGM.

“Sehingga yang dari arah timur bundaran tidaak bisa langsung ke Jl terban tapi memutar dulu ke Jl Cik di Tiro. Akibatnya lalu lintas di jalan itu sangat padat. Strategi itu, kata dia, mulai tidak efektif diterapkan di kawasan tersebut. Karena itu disiapkan rekayasa lalu lintas yang baru.

“Dari arah timur sisi selatan ditambah satu lajur, yang dari barat sisi utara dikurangis atu lajur. Kalau sudah diimplementasikan nanti bisa mengurangi antrean dari semula mencapai 200 meter menjadi hanya 85 meter. Jadi tidak saampai Jl Cik Di Tiro,” terangnya.


Ia menambahkan, rekayasa lalu lintas di Jl Terban akan diikuti pekerjaan fisik berupa pemindahan devider oleh Dinas Pekerjaan Umum dan, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PU PKP)  serta pemindahan vegetasi oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta. KMP2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Urai Kemacetan Lalin Jl Terban Bakal Direkayasa, Begini Skemanya"

Posting Komentar