Kadispenad : Ada Oknum TNI AD Tak Netral? Laporkan..!!


Kadispenad Brigjen Alfret Denny D Tuejeh meminta masyarakat tidak meragukan netralitas TNI pada Pemilukada maupun tahapan pemilu. Foto: Ist

Kabarmerahputih.net – Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh menegaskan, TNI AD konsisten memegang teguh netralitas pada Pemilukada serentak 2018 maupun tahapan Pemilu Legislatif maupun Pilpres 2019.

“Bagi TNI AD, netralitas TNI merupakan jiwa, nafas dan sikap setiap prajurit. Tidak hanya terkait dengan pesta demokrasi namun juga dalam kehidupan kesehariannya. Ini sudah final, tidak bisa ditawar-tawar, bahkan diragukan maupun dipertanyakan lagi,” kata Kadispenad melalui rilis yang diterima Kabarmeraahputih.net

Menyikapi keikutsertaan para purnawirawan dalam Pemilukada, Kadispenad juga menyatakan bahwa sebagaimana diatur dalam UUD 1945 dan UU TNI No 34 tahun 2004, TNI AD tidak akan pernah terlibat, melibatkan diri atau dilibatkan dalam politik praktis. 

“Tugas TNI hanya mempertahankan, melindungi, dan memelihara keutuhan dan kedaulatan negara. Adapun tugas dan peran dalam pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi, sifatnya hanya tugas bantuan kepada Polri,” papar lulusan Akademi Militer angkatan 1988 ini. 

“Saya ingatkan kembali, sebagaimana yang telah disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat, meski di beberapa daerah terdapat para purnawirawan TNI yang mencalonkan diri, bagi AD itu merupakan hak politik mereka sebagai masyarakat sipil dan tidak ada hubungannya dengan institusi TNI AD lagi,” sambungnya.

Dengan begitu, lanjut dia, seharusnya tidak ada lagi yang meragukan komitmen TNI AD dalam menjaga netralitasnya. Kendati begitu, ia tidak menutup kemungkinan jika masih ada oknum yang terindikasi tidak netral. Terkait hal ini ia meminta siapa pun yang mengetahuinya agar memberikan data yang jelas.

“Kita berharap ada masukan yang pasti dan jelas, siapa prajurit yang tidak netral, dari satuan mana asalnya. Sehingga bukan hanya asal bicara tapi tidak menunjukan bukti yang benar. Kalau ada laporkan secara resmi dan benar, pasti akan kita tindak secara tegas dan bahkan terbuka. Proses hukum terhadap prajurit yang tidak netral juga merupakan bagian dari proses demokrasi yang baik di Indonesia,” tegasnya.

Kadispenad juga seluruh komponen bangsa untuk sama-sama mendukung pelaksanaan Pemilukada dengan baik. “Menjelang hari pemilihan yang sudah tinggal hitungan jari, TNI AD mendorong agar seluruh rakyat Indonesia untuk terlibat secara aktif dan positif guna mendukung terlaksananya pemilihan kepala daerah serentak di 171 wilayah secara langsung, umum, jujur, adil serta damai,” katanya. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kadispenad : Ada Oknum TNI AD Tak Netral? Laporkan..!!"

Posting Komentar