Peluang Studi di Rusia Sangat Besar, Yuk Dimanfaatkan




Dubes RI untuk Rusia saat menyosialisasikan pendidikan di Rusia di Kampus 4 UAD. Peluang studi di Rusia terbuka sangat lebar. Foto: Ratih Keswara

Kabarmerahputih.net - Masyarakat Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk studi ataupun melanjutkan studi di Rusia. Negara di benua Eropa sisi timur ini ternyata menyediakan cukup banyak peluang, termasuk beasiswa bagi pelajar-pelajar asal Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Duta Besar LBBP RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarusia Muhammad Wahid Supriyadi di Kampus 4 UAD, Jumat (29/6/2018). Dalam Sosialisasi Pendidikan di Rusia, Wahid mengungkapkan, saat ini ada sekitar 500-an mahasiswa asal Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Rusia. Dan pemerintah Rusia sendiri setiap tahunnya menyediakan sekitar 160 beasiswa khusus untuk pelajar asal Indonesia.

“Saya sendiri selalu mendorong agar jumlah beasiswa ini bisa ditambah. Tapi sebenarnya banyak juga beasiswa yang disediakan oleh pihak universitas di Rusia. Bahkan setiap kami bertemu dengan perwakilan dari berbagai univesitas, mereka selalu meminta agar kami mendorong lebih banyak warga Indonesia yang studi di Rusia,” ujarnya.

Menurut Wahid, pendidikan Rusia sangat bagus untuk bidang teknik. Meski persoalan bahasa memang sering kali menjadi kendala, tetapi setiap pelajar yang studi di Rusia bisa mengambil kelas bahasa selama ssatu tahun. Selain kesempatan yang besar, studi di Rusia terbilang murah.

“Yang begitu lulus SMA mau kuliah di Rusia silahkan. Karena sebenarnya rata-rata biaya kuliah di sana juga tidak mahal, sekitar USD1.500 atau sekitar Rp21juta pertahun. Untuk biaya sewa tempat tinggal, sekitar Rp1,5juta pertahun saja. Karena itu kesempatan kuliah di Rusia sangat besar,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Dr Kasiyarno MHum mengatakan, dirinya tertarik dengan cerita Duta Besar terkait Islam yang memiliki potensi berkembang dengan bagus di Rusia. Karena pada dasarnya saat inibkomunis sudah tidak ada di Rusia. Bahkan, tahun ini ada 40 masjid baru di Rusia dan Rusia memiliki masjid terbesar di Eropa yang mampu menampung 10.000 jamaah.

"Karenanya kami berkeinginan mengetahui pendidikan di Rusia. Kami pun sudah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi negeri Rusia yakni Peoples' Friendship University of Russia. Fokus kerjasama yang sudah disepakati ialah bidang kesehatan. Karena itu, dengan mengetahui kondisi pendidikan di Rusia, harapannya UAD bisa meningkatkan  kerjasama  dengan pihak-pihak di Rusia," ujarnya.

Kasiyarno menambahkan, menyadari tingginya rasa ketertarikan masyarakat Rusia dengan Islam, UAD berencana membuat sebuah program beasiswa untyk mahasiswa Rusia yang tertarik belajar Islam. "Rencananya nanti ada lima mahasiswa Rusia yang studi Islam, khususnya untuk S2 di UAD. Kami bahkan berencana memberikan beasiswa penuh sampai selesai," imbuhnya. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peluang Studi di Rusia Sangat Besar, Yuk Dimanfaatkan"

Posting Komentar