Pemkot Yogya Luncurkan JSS, Cek di Sini Keunggulannya


Simulasi penanganan keadaan darurat dengan memanfaatkan aplikasi JSS dalam launching aplikasi di halaman Balaikota Yogya. Foto: Ist

Kabarmerahputih.net - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta tak berhenti melahirkan inovasi demi memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Kemarin, Pemkot kembali meluncurkan aplikasi canggih bernama Jogja Smart Service alias Jogja Siap Solusi (JSS).

Aplikasi besutan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo) tersebut digadang-gadang bakal menjadi andalan warga Yogyakarta. JSS resmi diluncurkan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi bertepatan dengan hari jadi Pemkot ke-71 di halaman Balaikota, Kamis (7/6/2018) pagi.

“Moment ini adalah suatu lompatan besar bagi Pemerintah Kota Yogyakarta, dalam upaya bagaimana kita memberikan layanan secara prima kepada masyarakat Kota Yogyakarta,” ucap Heroe.

Melalui JSS, masyarakat cukup mengakses satu aplikasi untuk bisa memperoleh berbagai layanan yang dibutuhkan karena seluruh sistem informasi dari setiap organisasi perangkat daerah disatukan dalam aplikasi tersebut.

“Dengan aplikasi ini, Heroe melanjutkan, masyarakat dapat mengakses berbagai layanan, mulai dari penyampaian keluhan, permohonan perizinan hingga layanan kegawatdaruratan,” terangnya

Ia menjelaskan, Aplikasi layanan berbasis android ini mengintegrasikan berbagai layanan Sistem Informasi (SIM) yang sudah ada, ke dalam sebuah aplikasi yang praktis, bemanfaat, tanggap, transparan dan akuntabel,” paparnya.

JSS tersebut, sambungnya, dibuat dengan konsep Single ID, Single Window dan Single Sign-On. Dengan begitu lanjutnya, Konsep tersebut bagi masyarakat tentu amat sangat memudahkan, karena akan menyatukan berbagai layanan publik aplikasi e-government.

“Kita tidak perlu login berkali-kali dan menginstall banyak aplikasi layanan, cukup menggunakan satu aplikasi saja (single app) untuk semua layanan Pemerintah Kota Yogyakarta yaitu Jogja Smart Service (JSS),” terangnya.

Ia berharap semua masyarakat yang memiliki smartphone segera mengunduh aplikasi JSS tersebut. “JSS sudah dapat di-unduh melalui Play Store pada HP android, semoga msayarakat Yogyakarta segera menginstall aplikasi ini,” ucapnya.

Heroe pun meminta seluruh OPD untuk segera  membentuk Tim Admin agar segera bisa memberikan respon secara cepat dan memuaskan kepada pengguna aplikasi Jogja Smart Service. “Paling tidak dua jam setelah adanya laporan, sudah ada aksi pelayanan,” imbuhnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta Tri Hastono menyampaikan, JSS merupakan pengembangan layanan pengaduan, informasi dan keluhan yang dimiliki pemerintah Kota Yogyakarta sejak 2003.

“Jika dulu hanya bisa diakses melalui telepon, email atau pesan singkat, maka JSS ini akan memudahkan masyarakat mengakses berbagai layanan,” jelasnya.

Namun demikian, aplikasi JSS tersebut menuntut seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk bisa memberikan respon terbaik terhadap keluhan atau permohonan layanan yang masuk.

Dalam launching tersebut juga dilakukakn simulasi penggunaan JSS oleh masyarakat. Simulasi menampilkan empat adegan genting yakni, kebakaran, percobaan bunuh diri, gangguan APILL, dan layanan medis proses persalinan. KMP2/*


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkot Yogya Luncurkan JSS, Cek di Sini Keunggulannya"

Posting Komentar