Perajin Kota Yogya Didorong Tingkatkan Kemampuan Bisnis


Perajin Kota Yogya didorong terus meningkatkan kemampuan bisnis agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Foto: Ist

Kabarmerahputih.net – Persaingan dunia usaha yang sangat ketat menuntut pelakunya untuk terus meningkatkan kemampuan, salah satunya dengan berinovasi. Cara itu akan membantu industri baik skala kecil maupun besar untuk bisa tetap bertahan.

Pentingnya peningkatan kemampuan ini disadari penuh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrasda) Kota Yogya. Karenanya Dekranasda terus berkomitmen selalu mendorong para perajin Kota Yogya untuk terus meningkatkan kemampuan bisnis guna memenuhi permintaan pasar tepat waktu dengan tetap menjaga kualitas produknya.

"Setiap perajin harus berusaha maksimal untuk memenuhi permintaan pasar dengan tepat waktu dan berkualitas. Itu akan memperkuat kepercayaan konsumen," kata Ketua Dekranasda Kota Yogya, Tri Kirana Muslidatun, belum lama ini.

Ia menjelaskan, sejauh ini Dekranasda Kota Yogya telah memberikan banyak bantuan serta pendampingan kepada mereka agar mereka semakin kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usaha produksinya.

Dekranasda Kota Yogya juga selalu menyertakan produk-produk para pengrajin dalam berbagai kesempatan pameran baik di tingkat kota, provinsi maupun nasional, guna mendukung perluasan promosi dan pemasaran produk kerajinan setempat. "Pengemasan dan pemasaran juga harus bisa ditingkatkan agar hasilnya dapat maksimal," katanya.

Tak sampai disitu, istri Walikota Yogyakarta tersebut mengungkapkan jika Dekranasda Kota Yogya juga selalu menggerlar berbagai pelatihan, seperti pembuatan cinderamata. Ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas para pengrajin.

"Untuk pengembangan usaha, kami juga bekerja sama oleh pihak perbankan, serta Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogya. Kerja sama juga kami jalin untuk pengembangan pasar domestik dan ekspor," katanya.

Menurutnya kemampuan perajin memenuhi permintaan dari konsumen lokal itu penting."Karena untuk menjadi pengusaha besar, tentu dimulai dari bawah. Mereka harus sanggup memenuhi pesanan," pungkasnya. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perajin Kota Yogya Didorong Tingkatkan Kemampuan Bisnis"

Posting Komentar