Puluhan Kru Bus di Terminal Giwangan Jalani Tes Kesehatan


Puluhan kru bus angkutan Lebaran di terminal Giwangan Yogyakarta menjalani pemeriksaan kesehatan, Kamis. Foto: Ist

Kabarmerahputih.net - Puluhan kru bus angkutan lebaran 2018 menjalani pemeriksaan kesehatan di Terminal Tipe-Giwangan Yogyakata yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Kamis (21/6/2018).

Fita Yulia Kisworini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mengatakan, pemeriksaan penting dilakukan untuk mengetahui derajat kesehatan Kru bus. Terlebih saat momentum lebaran dimana mereka sangat kurang dalam istirahat dikarenakan frekuensi perjalanan Kru bus meningkat drastis.

Disini kita mengadakan pengecekan meliputi tensi darahnarkobaalkoholgula darah dan Kolesterol. Dari hasil pemeriksaan apabila ditemukan kru bus yang terindikasi mengalami kelelahan, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi miras apalagi narkoba, dilarang melanjutkan perjalanan,” terang dia.

Pemeriksaan dilakukan setelah puncak arus balik. Pasalnya di saat itulah kru bus tengah capek-capeknya. Pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Yogyakarta dibantu juga oleh aparat keamanan dari Koramil dan Polsek Umbulharjo.

“Pemeriksaan kepada para pengemudi ini dilakukan sebagai bentuk pengendalian faktor resiko gangguan kecelakaan lalu lintas pada sopir bus. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi tensimeter, pemeriksaan amphitamin dalam urine, kadar alkohol serta kadar gula,” jelas dia.

Dalam kesempatan ini Serka Bambang, Anggota Koramil 07/Umbulharjo mengingatkan kepada para pengemudi yang lolos tes dan layak mengemudi untuk hati-hati di jalan. Tes kesehatan kali ini tidak ditemukan kru bus pengguna narkoba. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Puluhan Kru Bus di Terminal Giwangan Jalani Tes Kesehatan"

Posting Komentar